Ini Loh Penyebab Knalpot Motormu Meledak – Ledak. Kamu Harus Tau!

Publikasi: 1 bulan 29 hari 17 menit yang lalu

Pernah mengalami knalpot meledak? Biasanya untuk pengendara yang doyan modif custom sering mengalami hal ini. Dan biasanya yang disalahin adalah bahan bakar.

Padahal ada beberapa sumber masalah yang bisa jadi Kamu gak pernah kepikiran kalau disitulah masalahnya. Parahnya lagi, ada efek buruk yang bisa terjadi pasca ledakan di motormu. Motormu bisa aja langsung kehilangan daya dan energi dan langsung mati. Bahayanya nih kalau Kamu lagi ngebut dan hal ini terjadi, wah bisa terpelanting motormu gara – gara mati mendadak. 

Oleh karenanya, Kamu harus tau apa saja yang menyebabkan knalpot motormu meledak. 

1. Lupa Tutup Choke

Oke, ini masalah paling sepele yang mungkin aja terjadi. Knalpotmu bisa aja meledak karena Kamu lupa nutup choke. Biasanya sih yang sering mengalami hal ini pengendara cewe. Dan biasanya juga, si cowo yang sok jago akan pura – pura benerin motor supaya ga meledak – ledak knalpotnya. Padahal yang dilakukan hanyalah menutup choke supaya bensin yang mengalir sesuai proporsi yang dibutuhkan oleh ruang bakar. 

Ketika ruang bakar kebanjiran bahan bakar, bisa jadi si knalpot meledak di tengah jalan. Bisa jadi juga pengendara di belakang kaget dan mengumpat ke Kamu.

2. Masalah di Busi

Kita paham kalau busi adalah salah satu part penting untuk menyulut api di ruang bakar. Kualitas energi yang dihasilkan ruang bakar sudah jelas tergantung banget pada busi ini. Nah, ketika busi ini bermasalah, maka percikan api yang dihasilkan akan kurang maksimal. Disinilah terjadi pembakaran yang kurang sempurna. 

Hal yang demikian akan menjadikan pembakaran sedikit lebih prematur dan memicu ledakan di knalpotmu. Parahnya, ledakan karena busi ini yang bisa bikin motormu langsung mati seketika. Rajin – rajin deh cek dan bersihin busi motormu. Biar hal ini gak terjadi pada motor kesayanganmu.

3. Saluran Udara ke Mesin

Ada api tentunya ada mediatornya. Disinilah udara mempunyai peran penting pada pembakaran motor. Tentunya karburator punya sistem yang akurat untuk mengatur porsi udara dan bahan bakar pada motormu. Tapi kadang ada aja masalah yang membuat udara tidak tersuplai dengan baik ke ruang bakar. 

Hal ini bisa dideteksi dari ledakan knalpot pada RPM rendah pasca digunakan secara tinggi. Jika ada ledakan di saat ini, sudah jelas penyebabnya adalah kurangnya udara di ruang bakar. Oleh karenanya, bersihkan part – part di karburator dan sekitarnya secara berkala.

4. Komponen Karburator Minta Ganti

Karburator jenis vakum mempunyai sistem aliran bahan bakar yang sangat bagus. Oleh karenanya, karbuartor jenis ini banyak digunakan di motor non injeksi. 

Aliran bahan bakar di karburator jenis ini sangan bergantung pada kemampuan buka tutup klep yang berbahan dasar karet. Sayangnya, karena terbuat dari karet, lama – lama komponen ini juga akan mengeras ketika bersentuhan dengan bahan bakar. Dan ketika sudah keras, lama – lama komponen ini akan aus dengan sendirinya. 

Hal ini yang bikin motor jadi brebet dan bikin knalpot mledak saat tuas gas dibalikin posisi awal.

5. Knalpot Bocor

Nampaknya kalau ini sih Kamu udah pada tau ya. Knalpot kalau bocor ya pasti ada suara – suara berisiknya. Karena pada dasarnya proses pembakaran itu berisik banget. Knalpot motormu aja yang reduksi suaranya ciamik. Jadi suara berisiknya ga kedengaran. 

Nah, kalau bocor gimana? Ya bisa jadi meledak – ledak knalpotmu. Biasanya ledakan karena knalpot bocor terjadi saat tuas gas ditarik kencang. 

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Wms Honda

Comment

User Comment

Your comment

Load More