Ini Nih Kebiasaan Buruk Pengemudi Motor Yang Gak Kunjung Hilang

Publikasi: 7 bulan 11 hari 17 jam 41 menit yang lalu

Pengendara motor pastinya paham kalau keselamatan saat berkendara wajib menjadi hal yang utama. Nah sayangnya banyak nih pengendara motor yang punya kebiasaan – kebiasaan buruk  di jalanan. Beberapa di antaranya malah cenderung membahayakan diri maupun pengendara lain. Kira – kira apa aja ya kebiasaan buruk pengemudi motor yang sering dilakukan? Ini beberapa daftarnya.

1. Naik Ke Trotoar

Kita semua pasti udah paham kenapa trotoar di samping jalan gak boleh dinaikin oleh sepeda motor. Ya, karena itu adalah hak bagi pejalan kaki. Kalau trotoar juga dilewatin sepeda motor, lah yang jalan mau lewat mana lagi bro? 

Coba deh posisikan diri kita sebagai pengguna jalan, pasti bete kalau ada motor yang lewat trotoar. Apalagi kalau sambil ngebut jalannya. Jadi pengen nampol kan? Jadi buat Kamu yang masih sering lewat trotoar, jangan salahin pejalan kaki ya kalau nantinya kamu ditampol. 

2. Menggunakan HP di Tengah perjalanan

Handphone pada jaman ini memang wajib untuk dimiliki. Salah satu fungsinya adalah untuk kecepatan menggali informasi yang ada disekitar kita. Dan juga tentunya untuk berkomunikasi. 

Sayangnya masih banyak nih pemotor yang nekat menggunakan HP saat berada di perjalanan. Kalau memang urgent dan harus menggunakan HP, ya Kamu wajib minggir dulu sebelum menggunakannya. Jangan nekat sambil jalan trus ngangkat telpon, atau malah balesin pesan yang masuk. Selain berbahaya untuk diri sendiri, tindakan seperti ini juga membahayakan pengendara lain lho. Jadi hindari deh kebiasaan buruk yang satu ini. 

3. Mendengarkan Musik

Pernah lihat pengendara motor yang nyetir sambil pasang headset di telinga? Jenis manusia yang seperti ini banyak terlihat lho di jalanan. Padahal udah jelas kalau kebiasaan ini bikin pengendara motor kehilangan konsentrasi akan jalan raya. Bayangin aja, tanpa indra pendengaran yang optimal, bagaimana seseorang bisa menyetir secara aman? Lah diklaksonin aja gak dengar. Cape deh..

Buat Kamu yang masih melakukan hal ini di jalan, lebih baik menentukan pilihan deh. Naik motor tanpa headset, atau pake headset dan gunakan kendaraan umum. 

4. Merokok di Tengah Perjalanan

Ini nih si biang kerok di jalanan. Udah bikin polusi udara, abu rokoknya yang dibuang kadang terbang mengenai muka pengendara di belakangnya. Perih perih gimana gitu rasanya pas si abu rokok nyempil di mata. 

Apakah Kamu tau kalau merokok di jalan itu bikin pengendara lainnya jadi keki? Selain itu dengan adanya rokok, berarti tangan pengendara gak sepenuhnya memegang kendali motor. Sehingga kemampuan mengendalikan motor sedikit banyak pasti turun. 

Merokok sambil jalanin motor juga berpotensi mengurangi konsentrasi  pengendara terhadap jalan. Apalagi kalau ngerokoknya kelewat nge-fly. Parah bro, nyedotnya bisa ampe merem! Lah itu jalanan mau dikemanain kalau yang nyetir merem. 

Hindarin deh kebiasaan ini, lagian ngerokok tuh gak sehat bro. Mending itu duit buat beli rokok Kamu tabung buat modif motormu. Motor custom impian bisa aja kamu build dalam waktu setahun sejak pensiun ngerokok.

5. Pacaran

Ini yang paling bikin relung hati tersayat. Parah bro, kadang kalau ngelihat orang pacaran ditengah perjalanan sambil naik motor tuh bikin sakit hati juga bikin sakit mata. Apalagi kalau udah keasikan ngobrol ampe motornya belok ke lajur tengah. 

Biasanya cowo dan cewe yang lagi mesra di atas motor ini jalannya pelan dan sering bikin kendaraan di belakangnya emosi. Apalagi kalau cewenya cakep, malah tambah emosi bro. Sabar ..  sabar.. 

Pacaran sih boleh – boleh aja, asal gak merugikan orang lain. Nah kalau Kamu mesra – mesraan di tengah perjalanan seperti itu tuh malah merugikan orang lain. Terlebih konsentrasimu di jalan akan terbagi antara jalanan dan si gebetan kamu. Jadinya Kamu gak bisa fokus di jalanan, padahal inti dari keselamatan berkendara itu adalah fokus akan kondisi jalan. 

Label : Cari Aman

Comment

User Comment

Your comment

Load More