Isi Bensin Full Tank Bukan Luber

Publikasi: 1 tahun 10 bulan 26 hari 7 menit yang lalu

Isi bahan bakar bagi kendaraan hukumnya wajib. Tanpa bahan bakar,  jelas  kendaraan tidak bisa   berjalan alias mogok. Namun, ada mitos yang beredar dan terlanjur dipercai bahwa jangan mengisi bahan bakar sampai penuh alias full tank.

Karena, ini  bisa menghambat sirkulasi udara yang ada pada tangki bensin. Dan  akan menimbulkan suatu masalah. Benarkah?

Sesungguhnya pada tangki bahan bakar, sudah ada sistem breather valve yang bisa mengatur sirkulasi udara, jadi tidak masalah kalau mau isi penuh

Mengisi  bahan bakar boleh sampai penuh, namun sebaiknya jangan sampai meluber. Karena hal ini bisa berbahaya. Bensin merupakan bahan yang mudah terbakar, khawatir  jika luber bisa tercipta api dari cairan yang keluar. Selain itu, cat  motor bisa juga rusak karenanya. 

Sebetulnya,  tidak ada batas atau indikator spesifik yang menyatakan penuhnya tangki bahan bakar. Selama tidak sampai tumpah, boleh dilakukan. Dan jangan biarkan bensin kurang dari satu per empat pada tangki. 

Tujuannya, agar menciptakan rasa aman ketika berkendara, tidak khawatir bensin akan habis. Selain itu, bisa mengurangi kondensasi dari udara yang ada di dalam tangki.

Karena itu, mulai sekarang  perhatikan saat mengisi bahan  bakar, dan tentu  perlu mengetahui batas aman,  yang bisa dilihat dari mulut tangki. Usahakan bensin rata dengan lubang tutup tangki bagian bawah.

Batas ini berlaku untuk semua tipe motor. Jika melewati sedikit dari batas tutup tangki bagian bawah, sebenarnya tidak masalah, asalkan tidak sampai keluar. Jika sampai luber, akan disalurkan melalui selang menuju  ke bawah. 

Tetapi, jika kondisi saluran pembuangan kurang baik, bensin bisa menetes ke mana-mana. Kondisi saluran yang tidak baik bisa menyebabkan api kalau ada pemicunya. Agar lebih aman ya isi bensin penuh jangan sampai luber

Mengenai masalah sirkulasi udara, melalui tutup tangki bensin. Jadi tidak ada masalah ketika mengisi bensin motor sampai penuh.

Nah, selamat berkendara, tetap waspada dan hati-hati di jalan 

Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Bahan Bakar Bensin Motor Bensin

Berita Terkait