Jangan Asal Berangkat Touring! Ini Hal-hal Penting Yang Patut Diketahui Dan Dipersiapkan

Publikasi: 1 tahun 1 bulan 6 hari 16 jam 57 menit yang lalu

Bagi Anda yang suka berpetualang dan datang ke daerah baru sekaligus menyukai tantangan, maka touring menggunakan sepeda motor adalah hal yang sangat menarik untuk dilakukan. Hanya saja, sebelum melakukan touring tersebut, ada banyak hal yang patut diperhatikan serta dipersiapkan. Apa saja hal itu? Berikut daftarnya.

Periksa kondisi motor

Tentunya dikarenakan motor adalah tunggangan satu-satunya yang bakal digunakan untuk touring, sudah semestinya sebelum menggunakan dalam waktu yang lama dan medan yang berat, maka Anda harus mengetahui kondisi motor tersebut terlebih dahulu. Caranya adalah dengan melakukan pemeriksaan menyeluruh di setiap bagian yang ada di kendaraan tersebut.

Pemeriksaan tersebut dirasa wajib dilakukan dikarenakan menjadi satu hal yang menjengkelkan dan bakal merepotkan banyak pihak ketika sedang dalam perjalanan touring, tiba-tiba saja motor yang Anda gunakan mogok atau mengalami masalah. Mungkin apabila ada bengkel atau tempat servis yang dekat dengan posisi Anda saat itu tidak menjadi masalah, namun bagaimana jika pada waktu itu Anda berada di jalanan yang sepi dan jauh dari manapun?

Periksa semua bagian, mulai dari mesin, oli, ban sampai dengan peranti lainnya, jangan sampai ada yang sedang akan rusak atau bermasalah. Ban yang gundul, kabel yang aus, mesin yang bermasalah atau juga bantalan rem sudah tipis adalah semua hal yang berkontribusi terhadap risiko tambahan dalam perjalanan Anda. Sepeda motor Anda merupakan investasi Anda, jadi rawatlah.

Siapkan kondisi tubuh 

Ketika motor dalam kondisi prima dan siap digunakan untuk aktivitas berat dan perjalanan jauh akan menjadi sia-sia belaka saat kondisi tubuh menurun atau Anda sedang kurang enak badan. Oleh karena itu, jangan dipaksakan saat kondisi tubuh menurun daripada Anda akan merepotkan diri sendiri dan juga orang lain yang ikut dalam rombongan.

Apabila kondisi tubuh sedang tidak bagus, tidak ada salahnya untuk reschedule atau menjadwal ulang acara touring tersebut di kemudian hari. Dengan mempersiapkan diri dengan baik sebelum memulai perjalanan jauh sangat diwajibkan karena energi dan semua hal dalam diri bakal terkuras habis ketika Anda berada di atas motor dan menuju tempat yang dituju. 

Rencanakan rute

Sangat disarankan sekali ketika sebelum melakukan perjalanan jauh untuk merencanakan rute yang bakal dilewati dan juga apa saja yang bakal dilakukan selepas berada di tempat tujuan. Hal tersebut dirasa perlu dilakukan untuk meminimalisir terbuangnya waktu secara sia-sia saat di perjalanan.

Walaupun Anda sudah hapal rute yang bakal dilewati, tidak ada salahnya untuk melengkapi diri dengan perangkat GPS atau peta agar dapat memangkas segala risiko yang dapat terjadi nantinya.

Pertimbangkan masalah cuaca

Terkadang ada saja kelompok pemotor yang melakukan touring hanya berdasarkan intuisi saja terhadap cuaca yang bakal mereka temui saat di perjalanan. Memang terkadang semua bakal baik-baik saja ketika mampu berkendara dengan aman sampai tempat tujuan, namun bukan berarti risiko tidak ada, bukan? 

Nah, tidak ada salahnya juga apabila sebelum memulai perjalanan, Anda memeriksa dan mempertimbangkan masalah cuaca terlebih dahulu. Tidak hanya itu saja, ada baiknya bagi Anda dan kelompok untuk mempersiapkan diri dan segala hal, seperti contohnya jas hujan atau coat dan lain sebagainya ketika harus menerobos hujan di perjalanan.

Dana

Satu hal ini tidak kalah pentingnya di mana dana harus dipersiapkan secara matang agar tidak membuat perjalanan terganggu. Dana yang dimaksud tersebut berfungsi untuk berbagai hal, mulai untuk membeli suatu barang yang dapat dikonsumsi atau hal-hal lain untuk keperluan motor dan perjalanan.

Selain itu, dana yang dibawa juga dapat dimanfaatkan untuk menyewa kamar di motel, losmen atau bahkan hotel ketika Anda dan kelompok memerlukan tempat beristirahat.

Dan setelah semua hal di atas diketahui dan dipersiapkan, perjalanan touring sudah siap dilakukan. Selamat berkendara.

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda

Comment

User Comment

Your comment

Load More