Jangan Salahkan Knalpot, Jika Suara Motor Bising

Publikasi: 1 bulan 18 hari 1 jam 26 menit yang lalu

Bukan hal yang asing, kita sering terganggu dengan suara bising motor yang sangat kencang Kebanyakan orang langsung menyalahkan knalpot, padahal sejatinya, fungsi knalpot bukan untuk memperdengarkan suara bising. 

Pendapat umum ini  memang terlalu sering kita dengar. Ini terjadi lantaran, secara umum, orang belum paham fungsi dari knalpot sebenarnya. 

Sebelum menyalahkan knalpot yang kabarnya mengeluarkan suara bising, sebaiknya kenali apa saja fungsinya. 

Fungsi Knalpot yang Tersembunyi

Knalpot sendiri adalah komponen dari kendaraan yang dipasang dengan tujuan sebagai saluran akses pembuangan. Setiap mesin pembakaran yang terdapat pada kendaraan mengeluarkan sisa hasil pembakaran yang perlu dikeluarkan. 

Sisa hasil pembakaran tersebut akan dibuang melalui knalpot yang berbentuk pipa. Itu sebabnya knalpot diletakkan di bagian belakang kendaraan dan menghadap ke belakang. Karena ada banyak sisa pembakaran. 

Sistem kerja knalpot sudah ada sejak lama dan menduplikasi dari mesin-mesin industri yang memanfaatkan cerobong untuk mengeluarkan asap. Kini ada banyak fungsi knalpot pada motor yang tak dapat disepelekan. 

Meskipun pipa  knalpot secara bentuk  terlihat kecil, namun  ia punya peran besar. Mau tahu? Ini dia:

Meredam Suara

Fungsi utama knalpot adalah meredam suara bising dari ruang bakar. Sat udara bercampur dengan bahan bakar di ruang bakar,  muncul ledakan dan tentu saja terjadi suara bising yang memekakkan telinga. 

Nah,  kalau knalpot dilepas, suara yang sangat mengganggu akan terdengar. Sedangkan ketika knalpot dipasang suara tersebut justru hilang. Hal inilah yang terjadi pada jenis-jenis kendaraan modern. 

Lantas,  mengapa ada motor bersuara bising dan sangat kencang? Mungkin  ini terjadi karena kebocoran pada knalpot.  Atau bisa jadi knalpot sengaja dilepas agar menimbulkan suara bising. Jadi kalau mendengar suara motor yang bising bukan berarti salah knalpotnya ya. 

Aksesoris Pemanis 

Tidak bisa dipungkiri, knalpot  dapat berfungsi sebagai aksesories  yang mempermanis. Lihatlah, pada beberapa kendaraan yang dimodifikasi, dan knalpotnya ikut diganti. Ada yang menggunakan bahan chrome bahkan ukurannya bervariasi. 

Tak sedikit juga dalam ajang kontes modifikasi kendaraan bermotor, knalpot menjadi salah satu penilaian. Kesesuaian desain knalpot dengan keseluruhan kendaraan jadi poin penting sehingga para pemilik kendaraan memilih yang tepat. 

Beberapa knalpot bahkan sengaja dipesan mengikuti selera pemilik. 

Meningkatkan Tenaga 

Meski tidak mutlak, knalpot berpotensi dapat meningkatkan tenaga pada kendaraan. Hanya saja cara ini berfungsi dengan baik jika knalpot didesain dengan tepat dan penambahan bahan yang sesuai. Knalpot perlu disesuaikan juga dengan mesin. 

Hal ini paling sering diterapkan pada kendaraan motor 2 tak yang memiliki fungsi gaya balik pada gas buang berkat adanya chamber. Teknologi motor 2 tak juga tidak memiliki katup ex.

Chamber sendiri berfungsi untuk memutar gas masuk dan buang saat proses pembakaran berlangsung. Jika knalpot yang dipasang bisa menyesuaikan dengan mesin, maka power tersembunyi dalam motor bisa ditingkatkan. 

Mengurangi Berat Kendaraan 

Knalpot punya kemampuan mengurangi bobot kendaraan. Beberapa jenis knalpot yang jadi standar dari pabrikan menggunakan material dan dimensi yang bervariasi. 

Penggunaan knalpot yang ringan, membuat kendaraan bisa berakselerasi menggunakan handling lebih bagus. Kebanyakan jenis knalpot digunakan untuk kendaraan yang performanya tinggi.

Mengurangi Polusi Udara

Sisa pembakaran biasanya mengandung karbondioksida yang dilepaskan ke udara. Kandungan ini berbahaya bagi lingkungan dan menjadi sumber polusi. Kini knalpot juga difungsikan sebagai alat untuk mengurangi polusi. 

Terdapat teknologi catalytic converter yang fungsinya mengkonversi karbon dari sisa pembakaran. Dengan begitu setiap kendaraan bisa digunakan lebih efisien dan polusi udara pun berkurang. 

Nah begitulah fungsi knalpot yang perlu kita ketahui. Kapan-kapan kita telaah bagian-bagian penting yang terdapat dalam knalpot ya! 

Label : Cari Aman

Comment

User Comment

Your comment

Load More