Jangan Sembarang Pasang Pelat Kopling Motor, Biar Kampas Ga Aus!

Publikasi: 3 bulan 15 hari 18 jam 5 menit yang lalu

Pernah ga sih, ngalamin kampas kopling cepat aus setelah Anda memasang pelat kopling motor? Nah ternyata, kita harus hati-hati betul waktu memasang kampas kopling, terutama buat posisi pelatnya, supaya nantinya kampas kopling yang baru tetap awet.

Sayangnya, banyak pemilik motor yang lengah dalam memperhatikan posisi pelat kopling waktu dipasang. Akibatnya, akselerasi motor pun terasa berat alias motor serasa ngeden. Slip kopling juga tak jarang terjadi. Dua kondisi tersebut sebenarnya menunjukkan ausnya kampas kopling motor.

Cara Memasang Pelat Kopling Motor

Anda bisa belajar memasang pelat kopling motor sendiri di rumah. Asal berhati-hati dan mengikuti panduan berikut ini, Anda tidak perlu khawatir. Ini adalah langkah-langkah dalam memasang pelat kopling motor yang bisa dicoba. Intinya adalah mengatur posisi pelati terhadap kampas, dengan tahapan ini.

1. Perhatikan lingkar luar pelat

Posisi pelat yang sembarangan terhadap kampas, bisa berakibat fatal. Permukaan kampas berisiko terkikis dan menyebabkan turunnya tenaga mesin, karena perbedaan bentuk lingkar luar pelat kopling. Alhasil, kampas tergerus waktu kopling bekerja.

Untuk mendeteksinya, Anda dapat memastikan satu sisi lingkar luar pelat yang bundar, dan sisi lainnya berbentuk siku tajam. Kalau terbalik, siku yang tajam inilah yang akan mengikis kampas.

2. Pastikan agar kedua sisi luar pelat tidak berhadapan

Apabila sisi bundar tadi dan sisi siku tajam berhadapan, kampas kopling pun akan terkikis, ketika kopling berada dalam posisi bebas. Entah itu keduanya mengarah ke dalam maupun luar, sisi bundar dan tajam tidak boleh saling berhadapan. 

3. Perhatikan urutan pemasangan pelat

Sebagai urutan pertama, masukkan kampas ke rumah kopling. Selanjutnya, posisikan pelat dengan lingkar luar siku dan tajam, ke arah dalam. Lanjutkan sampai semuanya tersusun dengan baik.

Ini Akibatnya Kalau Kampas Kopling Aus

Jangan sampai posisi pelat tidak benar dan kampas kopling akhirnya aus. Soalnya, berikut ini dampaknya pada motor jika kampas kopling sampai aus.

  • Starter jadi ringan alias ngelos
  • Perpindahan perseneling gigi jadi susah
  • Sering lepas kopling
  • Putaran mesin motor jadi lebih tinggi

Oleh karena itu, pastikan pelat kopling terpasang dengan benar, ya!

Referensi

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More