Jangan Sembarangan Cuci Ban Motormu! Ini Cara Cuci Ban Motor Yang Benar

Publikasi: 4 bulan 15 hari 11 jam 42 menit yang lalu

Mencuci motor memang kebiasaan yang baik. Namun bagaimana kalau seseorang cuci motornya sembarangan? Wah bisa kacau tuh. Ada beberapa bagian dari motor yang gak bisa dicuci secara sembarangan, ban contohnya. 

Sebagai part yang kontak langsung dengan kerasnya jalan, ban ini gak boleh diperlakukan secara sembarangan lho. Terlebih saat membersihkannya. Kamu dilarang untuk memberikan sabun langsung kepada permukaan ban. Karena sabun yang mengenai permukaan ban akan membuatnya semakin kaku dan keras. Efeknya tentu akan mengurangi daya cengkram ban terhadap jalanan yang dilaluinya, sehingga ban akan lebih mudah untuk selip atau tergelincir. 

Selain itu, ban yang keras akan mudah untuk tergerus oleh aspal. Usia dari ban juga otomatis semakin pendek. Harusnya bisa dipakai selama 1,5 tahun jadinya hanya berumur kurang dari setahun. Sayang banget kan? Ini semua hanya karena banmu di sabun! Sesederhana itu. 

Nah, gimana dong cara bersihin ban yang benar? Nih beberapa caranya udah tertulis di bawah. Check it out!

1. Gunakan Air 

Tentunya untuk membersihkan kotoran dari ban motor membutuhkan air. Ya, hanya dengan air bersih saja sebenarnya ban motormu bisa terjaga dari kotoran kok. Akan lebih baik jika Kamu punya selang yang bisa mengatur tekanan dan daya semprot dari air, sehingga kotoran – kotoran yang berada di sela – sela ulir ban yang sempit bisa terjamah dan bersih kembali. 

Setelah basah – basahan dengan air, Kamu bisa mengeringkan ban secara manual dengan menggunakan lap. Jangan langsung ditaruh di bawah sinar matahari ya, karena hal ini juga akan membuat ban motormu keras. Dengan cara ini, ban motormu akan selalu terjaga kelembaban dan kelenturan karetnya. 

2. Sikat Sampai Bersih

Selain menyiramkan air, menggunakan sikat juga diperbolehkan lho. Toh yang gak diperbolehkan tadi hanyalah menggunakan air sabun. Jadi gak akan ada masalah jika Kamu menyikat ban motormu. Malah hal ini akan membantumu menjangkau kotoran – kotoran dan kerikil kecil di sela – sela ulir ban motormu. Jangan kasih kendor deh, sikat sampai bersih!

3. Gunakan Minuman Bersoda

Kalau Kamu nyuci motor saat panas – panasnya cuaca di siang hari, boleh tuh beli 2 botol minuman bersoda untuk diminum. Tapi yang diminum 1 botol aja, karena yang satunya bisa digunakan untuk menghitamkan ban motormu. Lho, bagaimana caranya?

Caranya gampang aja kok. Kamu hanya cukup menguaskan minuman bersoda tersebut ke seluruh permukaan ban hingga nantinya kering dengan sendirinya. Gampang kan? Nah, cara ini gampang banget untuk diaplikasikan. Biayanya juga murah. Cukup dengan 3000 rupiah, banmu udah bisa kembali hitam seperti sedia kala.

4. Silicon Murni

Selain menggunakan minuman bersoda, Kamu bisa menggunakan silicon murni kalau lagi banyak duit. Sebenarnya sih banyak cairan semir ban yang beredar di pasaran. Tapi kalau kamu tau, semir ban itu bahan utamanya ya silicon murni. Hanya saja karena harga silicon murni itu mahal, makanya dioplos deh dengan bahan lain sehingga jadilah cairan pembersih ban dijual di mana - mana.

Kamu bisa membeli silicon murni ini di toko perlengkapan bahan kimia. Di sini kamu bisa beli siliconnya sebanyak yang kamu mau. Mau 1 liter, 2 liter, atau mungkin se truk tangki juga boleh asalkan kamu sanggup bayarnya. 

Kalau menggunakan silicon sih sudah pasti hasilnya di ban motormu akan bagus banget. Hitamnya ban motor gak hanya sekedar hitam. Silicon akan memberikan kelembaban yang pas di ban motor sehingga nantinya ban motormu akan berfungsi secara baik.

Jadi gimana? Udah paham kan dengan cara membersihkan ban yang benar? Buruan deh rawat ban motormu, dan jangan lupa untuk selalu cari aman di jalanan. 

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Wms Honda Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More