Jangan Taruh Helm Di Tangki Motor. Ini Efek Buruknya:

Publikasi: 25 hari 8 jam 12 menit yang lalu

Ini memang menjadi kebiasaan umum dari para pegguna motor sport .  Biasanya, ketika  berhenti  dan memarkir motor, helm  dilepas dari kepala dan langsung diletakan di atas tangki motor.

Meletakan posisi  helm di atas tangki motor, dianggap sangat praktis, agak lebih aman, jika dibandingkan ditempatkan di atas  spion atau pada setang.

Padahal, ada efek negatif  yang bisa muncul, jika keseringan  meletakkan helm dalam posisi tersebut. Karena menempatkan helm di atas tangki dapat merusak  Expanded Polystyrene/Styrofoam atau EPS yang terdapat dalam helm

EPS sendiri adalah bagian pada helm berupa styrofoam yang berfungsi memberi redaman ketika terjadi kecelakaan. Nah, EPS bisa cepat rusak jika diletakan di atas tangki karena tutup tangki motor biasanya terdapat lubang udara.

Lubang  itu selain berfungsi supaya bensin turun, dapat berfungsi juga sebagai keluarnya uap bensin Ketika meletakan helm di atas tangki,  , uap  bensin   angsung masuk ke dalam interior helm dan perlu dipahami, EPS paling sensitif dengan uap bensin. Dan kalau terlalu sering,  helm didekatkan dengan uap bensin, jelas akan merusak EPS.

Bukti terjadinya kerusakan EPS bisa dikenali dengan munculnya bulir-bulir pada bagian dalam helm,  dan kalau ditekan terasa agak keras. EPS  sendiri, dipahami dipasang di dalam helm  agar bisa berfungsi melindungi kepala dari benturan akibat crash atau kecelakaan.

Jika EPS  dalam helm berubah  menjadi keras, jelas ini membuat fungsi safety atau perlindungan helm menjadi berkurang,  terlebih  jika terjadi benturan.

Nah, mulai sekarang,  sudah tahu kan efek negarif dari meletakan  helm di atas tangka  motor. Ayo ubah kebiasaan itu! 

Jika  ternyata kamu membutuhkan helm baru, bisa  terlebih dahulu memantau koleksi Honda Luxury Helmet yang terdapat pada website wahanahonda.com pada halaman Apparel .  Tinggal  lihat dan dan tentukan sesuai selera Ditunggu ya.

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Tips Motor Honda Wahana Honda Helm Honda Helm

Comment

User Comment

Your comment

Load More