Kapan Saat Tepat Shockbreaker Mesti Diganti ?

Publikasi: 2 bulan 16 hari 10 jam 38 menit yang lalu

Sebelum mulai berkendara, ada baiknya perhatikan  setiap elemen yang terdapat pada sepeda motor termasuk shockbreaker mengapa ? Karena Shockbreaker merupakan salah satu perangkat wajib yang berfungsi menjaga kenyamanan berkendara, terutama saat harus melewati jalan dengan permukaan yang bergelombang atau jalanan penuh dengan lubang.

Shockbreaker penting diperhatikan karena berkaitan langsung dengan kestabilan sepeda motor. Saat menikung, shockbreaker yang berkualitas baik  lah yang sangat dibutuhkan agar motor tidak oleng dan membuat pengendara terjatuh.

Berkendara dengan shockbreaker yang sudah mati bisa sangat berbahaya. Selain menurunkan performa kendaraan, kesehatan pengendara pun akan terganggu karena pinggang akan terasa sakit dan badan akan cepat merasa pegal saat berkendara.

Bagaimana memastikan Shockbreaker Harus Diganti?

Shockbreaker merupakan salah satu komponen dengan daya tahan cukup tinggi. Biasanya, shockbreaker akan habis masa pakainya di usia 3-5 tahun. Tapi tergantung dari perawatan dan penggunaan sepeda motor itu sendiri, terkadang shockbreaker bisa bertahan hingga 7 tahun.

Untuk mengecek apakah shockbreaker sepeda motor  yang dikendarai masih dalam kondisi layak pakai, ada beberapa trik yang bisa dilakukan, diantaranya :

  1. Tekan setang motor ke bawah, perhatikan shockbreaker, jika pegas shockbreaker kembali dengan sangat cepat, artinya shockbreaker sudah mati atau rusak.
  2. Shockbreaker yang baik harus kembali secara pelan-pelan. Hal ini menunjukkan jika kompresi dalam shockbreaker masih sangat baik, belum terjadi kebocoran.
  3. Secara fisik, perhatikan seal shockbreaker depan. Jika terlihat ada rembesan oli, maka seal shockbreaker harus segera diganti.
  4. Bawa sepeda motor Anda melalui jalanan berlubang atau jalan bergeombang. Jika terdapat pantulan, artinya shockbreaker harus segera diganti. Makin banyak pantulannya, makin besar kerusakan dari shockbreaker.

Jika sudah waktunya  shockbreaker diganti, jangan lupa untuk bawa motor kesayangan kalian ke bengkel AHASS terdekat supaya mendapatkan perawatan terbaik dari mekanik berpengalaman. Manfaatkanlah layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk layanan tanpa perlu antri

Service Motor Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Servis Motor #hondacare Shockbreaker Shock Breaker

Berita Terkait

Ada 2 Jenis Oli Pada Motor Matic, Apa Saja?

19 Februari 2024 - administrator

Awas, Ini Dampak Jarang Ganti Oli Gardan

19 Februari 2024 - administrator