Kekuatan & Kelemahan 3 Jenis Bahan Tutup Pentil

Publikasi: 1 tahun 7 bulan 1 hari 4 jam 53 menit yang lalu

Meski bentuknya kecil. tutup pentil mobil dan motor dibuat dalam beberapa jenis bahan dan memiliki bentuk berbeda. Bentuk yang berbeda-beda biasanya digunakan pada tutup untuk fungsi dekoratif.

Namun secara umum, pentil menjalankan fungsi mencegah masuknya kotoran dan menjaga tekanan udara, valve cup dibedakan berdasarkan bahan pembuatnya.

Terdapat tiga jenis bahan pentil yang biasa digunakan untuk valve cup, yaitu plastik, metal, dan indikator. Begini kekuatan dan kelemahannya :

Bahan Plastik

Jenis tutup pentil plastik ini paling umum digunakan dan sangat mudah ditemukan.  Dan ini juga merupakan standar bawaan dari pabrik motor. Sayangnya, bahan ini tidak terlalu awet, apalagi jika terlalu sering mencopotnya.

Jika menggunakan valve cup dari bahan plastik, memang perlu dilakukan pergantian dalam kurun waktu tertentu. Jika tidak diganti, tutup akan longgar yang kemudian bisa membuat ban menjadi kurang angin.

Usahakan mengganti tutup jenis ini ketika sudah mulai longgar. Jangan dibiarkan, karena kemungkinan akan jatuh dan hilang. Harga tutup ini bisa dibilang sangat murah. Jadi, Anda tak perlu menghabiskan banyak uang walau sering menggantinya.

Bahan Metal/Logam

Valve cup metal ini lebih kuat dan lebih awet daripada yang berbahan plastik. Dan bisa menjalankan fungsinya dengan baik, untuk menangkal debu, kotoran, serta air saat hujan lebat.

Sayangnya, kelemahan Valve cup metal mudah berkarat akibat sering terkena air dan mengalami kondisi lembab.

Setelah berkarat pada bagian ulirnya, tutup akan sulit dibuka menggunakan tangan. Untuk mengatasinya perlu mengolesinya dengan oli atau membukanya dengan  menggunakan tang.

Bahan Indikator

Jenis valve cap yang terakhir adalah indikator. Ini merupakan jenis valve cap yang paling baik dari dua jenis sebelumnya. Pasalnya ini telah dibekali oleh fasilitas indikator yang bisa menunjukkan berapa tekanan angin dalam ban.

Indikator ditandai dengan warna, mulai dari yang paling aman yaitu hijau, kuning, dan merah yang paling berisiko. Dengan menggunakan valve cap jenis ini kian mempermudah Anda dalam meningkatkan keamanan berkendara.

Cari Aman Tips Merawat Motor Tips Motor Honda #hondacare Pentil Motor Pentil Ban Tutup Pentil

Berita Terkait