Kenali Ban Motor Depan Dan Belakang, Pahami Pula Fungsinya

Publikasi: 7 bulan 21 hari 23 jam 17 menit yang lalu

Jika membeli band motor baru, baik ban depan ataupun belakang, biasanya konsumen hanya memperhatikan ukuran yang diinginkan. Artinya antara ban motor bagian depan dan belakang selain dari ukurannya, dianggap tidak tidak ada perbedaan.

Namun ternyata, ada beberapa merek ban motor justru membedakan jenis ban depan dan ban belakang. Misalnya, Pirelli, Michelin dan Aspira Premio memang memisahkan produk ban motor untuk bagian depan dan belakang. Tapi ada juga yang bisa dipakai untuk dua sisi.

Pengklasifikasian kategori ban ini karena fungsi ban motor bagian depan dan belakang dinilai memang berbeda.

Fungsi ban depan selama ini diyakni untuk handling atau bermanuver. Sedangkan ban belakang bertugas menjaga bobot motor dan keseimbangan. Karena itu sebagai konsumen jangan sampai salah kaprah dalam memilih  band motor dari merek-merek tersebut.

Sebab kalau penggunaan ban ini terbalik, dampaknya akan cukup mengganggu kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Kalau pemakaian band itu terbalik, mungkin sebetulnya tidak terlalu pengaruh. Cuma ketika berjalan di atas jalanan basah, traksinya akan kurang bagus dan kembangan ban juga kurang baik dalam memecah air. Sehingga akan kurang aman.

Jika penggunaan ban motor salah posisi bisa berefek tak nyaman seperti layaknya memakai sepasang sandal, tetapi terbalik. Agar tidak salah ketika membeli ban, ada beberapa cara untuk membedakan ban motor khusus bagian depan atau belakang.

Contohnya pada merek Pirelli, label produknya disertai keterangan Front yang artinya untuk ban depan, Rear untuk ban belakang, hingga Front/Rear yang bisa dipakai untuk kedua sisi.Sementara untuk Michelin, konsumen perlu lebih teliti karena keterangan tersebut terdapat di bagian dinding ban.

Cirinya terdapat pada arah rotasi ban, seperti tanda panah dengan keterangan Front yang menandakan ban ini hanya untuk bagian depan. Selain itu ada juga ban Michelin yang punya tanda dua arah rotasi ban dengan keterangan Front dan Rear, artinya ban ini diperuntukan buat bagian depan atau belakang.

Selain menggunakan band baru, perhatikan  pula kondisi motor secara keseluruhan. Jangan lupa  juga untuk selalu melakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS terdekat, agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Ban Motor #hondacare

Berita Terkait

Jangan Biarkan Velg Motor Penyok

26 Februari 2024 - administrator

Ada 2 Jenis Oli Pada Motor Matic, Apa Saja?

19 Februari 2024 - administrator

Awas, Ini Dampak Jarang Ganti Oli Gardan

19 Februari 2024 - administrator