Kenali Jenis Jenis Marka Jalan Sebagai Pengemudi Motor

Publikasi: 4 tahun 8 bulan 13 hari 3 jam 6 menit yang lalu

Marka jalan adalah sebuah rambu atau tanda yang ada di jalan raya (rambu lalu lintas) berupa garis melintang, membujur, dan juga serong yang berguna untuk mengarahkan dan mengatur jalannya lalu lintas, sehingga arus lalu lintas dapat berjalan dengan baik. Garis marka jalan ini merupakan sebuah rambu penting bagi setiap pengendara bermotor karena merupakan sebuah rambu hampir selalu ada di sepanjang jalan raya.

Mungkin beberapa dari kamu belum mengenai bahwa garis marka jalan memiliki beberapa jenis yang berbeda berdasarkan dengan bentuknya. Dan dari berbagai jenis garis marka ini memiliki fungsi dan juga kegunaan yang berbeda – beda. Nah, di artikel kali ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai berbagai jenis marka jalan dan berbagai kegunaannya nih sob, jangan lupa untuk disimak baik baik ya?

Marka Garis Putus – Putus 

Sangat umum dilihat di berbagai jalan raya, marka garis putus – putus ini biasanya menunjukkan batas jalan. Batas jalan yang dimaksud adalah batas jalan lajur kiri dan kanan. Marka garis putus – putus ini juga menunjukkan kepada pengguna jalan untuk bisa mendahului di garis marka putus – putus tersebut.

Kegunaan Marka garis putus – putus: 

• Sebagai pembatas jalur kanan dan kiri. 

• Sebagai petunjuk kepada pengendara bahwa bisa mendahului dan melewati garis marka tersebut.

Marka Garis Sambung

Marka garis sambung ini merupakan garis marka yang sering kita temui di jalan yang memiliki potensi kecelakaan besar. Kamu bisa menemukan garis marka sambung ini di tikungan tajam, jalan menurun, dan berbagai jalan yang cukup berbagaya lainnya. Marka sambung ini tidak memperbolehkan pengendara untuk melintasi batas dari marka, karena akan sangat berbaya bagi pengendara tersebut.

Kegunaan garis marka sambung:

• Tanda jalan yang berbahaya.

• Tanda agar tidak mendahului kendaraan lain atau melewati garis marka tersebut.

• Sebagai pembatas jalan lajur kanan dan kiri.

Marka Garis Ganda (Garis Marka Sambung Dan Putus)

Bagi beberapa orang marka garis ganda memang cukup membingungkan, tapi sebenarnya mudah untuk dipahami. Marka garis dengan tipe ini biasanya terletak di jalan turunan yang memiliki jalur besar lebih dari 2 jalur. Marka garis seperti ini berfungsi untuk mengatur lalu lintas, yaitu memperbolehkan sisi lain yang memiliki marka putus – putus untuk mendahului, sedangkan di sisi marka sambung tidak boleh mendahului.

Cara mudahnya adalah lihatlah garis marka di tengah yang paling dekat dengan posisimu, jika garis tersebut putus putus maka kamu boleh mendahului, dan sebaliknya jika ternyata garis tersebut sambung, maka jangan sampai kamu mendahului kendaraan lain.

Marka Garis Ganda (Dua Garis Sambung)

Nah untuk marka yang satu ini sudah sangat jelas berarti di kedua sisi jalan tidak ada satupun yang boleh melewati garis marka. Biasanya garis marka dengan jenis ini diletakkan pada jalur cepat atau jalur yang memiliki luas jalan lebih dari 2 jalur, misalnya jalanan di pantai utara jawa. Biasanya untuk beberapa kota sudah dilengkapi pembatas jalan berupa beton, namun ada pula yang masih menggunakan marka ini.

Jangan sampai melewati garis ini, karena sangat amat berbahaya bagi keselamatan kamu sob. Jadi jika kamu menemukan garis marka sambung ganda ini lebih baik berjalan lebih jauh untuk bisa menyebrang ataupun berbelok.

Garis Marka Melintang (Zebra Cross)

Garis marka melintang ini biasanya mudah ditemui di lampu – lampu lalu lintas, atau di daerah yang ada zebra cross. Garis ini merupakan sebuah tanda yang digunakan sebagai pembatas jarak aman untuk berhenti, guna memberi kesempatan kepada para penyebrang jalan. Biasanya marka ini yang sering dilanggar oleh pengendara terutama pengendara sepeda motor.

Garis Marka Kuning (Yellow Box Junction)

Marka yellow box junction ini biasanya terletak di persimpangan yang memiliki banyak akses jalan untuk keluar masuk kendaraan. Garis marka ini berfungsi untuk melarang semua kendaraan untuk berhenti di dalam kotak kuning tersebut. Hal ini dilakukan untuk mencegah arus lintas yang padat yang bisa menyebabkan kemacetan.

Perawatan Motor Wahana Makmur Sejati Tips Merawat Motor

Berita Terkait