Kenali Kopling Motor Agar Berkendara Dengan Aman

Publikasi: 5 bulan 28 hari 4 jam yang lalu

Kopling merupakan sistem pemindahan tenaga dari mesin ke roda sepeda motor. Kopling diperlukan untuk meneruskan perputaran proses engkol ke transmisi dan melepaskan hubungan antara poros engkol dengan transmisi ketika memindahkan gigi.

Sistem kopling pada motor merupakan penentu kelancaran akselerasi dengan mengatur agar perpindahan gigi berjalan dengan mulus. Tanpa kopling, motor akan langsung loncat ketika digas

Biasanya, salah satu yang membuat pemula enggan berlatih motor adalah menguasai kopling manual. Padahal motor matic dengan kopling otomatis sekalipun perlu penyesuaian. Jenis jenis kopling perlu diketahui pengguna agar mengerti kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga bisa lebih cepat menguasai kopling.

Jenis-jenis Kopling Motor

1. Kopling Manual

Kopling manual biasanya ada pada motor gede atau moge, motor sports dan motor kopling lainnya. Kopling ini memanfaatkan gesekan antara 2 plat kopling yang dioperasikan secara manual menggunakan tuas dan handle.

Putaran mesin ke transmisi terjadi ketika  kedua plat kopling terhubung. Putaran mesin tersebut akan terhenti ketika kedua plat renggang akibat tuas ditarik.

Kopling manual terkenal sulit dioperasikan oleh pemula atau orang yang baru bisa naik motor kerena harus melakukan koordinasi yang spontan dalam menggerakkan tuas dan handle. Namun jika sudah bisa, motor dengan kopling manual akan sangat menarik karena memiliki kecepatan yang lebih tinggi dan irit.

2. Kopling Ganda

Seperti namanya, kopling ganda memiliki 2 kopling, yaitu primer dan sekunder. Kopling primer merupakan kopling sentrifugal  berada di poros engkol. Sedangkan kopling sekunder merupakan kopling manual yang berada di depan transmisi.

Kopling primer bertugas memutuskan tenaga mesin saat motor berada pada RPM (Revolutions Per Minute) rendah dan menghubungkan kembali saat motor digas dan RPM meningkat. Kopling sekunder bertugas memutuskan tenaga mesin ketika terjadi perpindahan gigi.

3. Kopling Sentrifugal atau Otomatis

Kopling sentrifugal menggunakan gesekan antara kampas kopling dan rumah kopling. Kampas kopling bisa terhubung dan merenggang dengan rumah kopling secaa otomatis mengikuti kenaikan dan penurunan RPM. Kopling sentrifugal digunakan pada motor matic.

Fungsi Kopling pada Motor

Kopling adalah bagian dari mesin motor  suatu mekanisme yang menghubungkan dan memutuskan perpindahan tenaga dari poros penggerak ke poros yang digerakkan.

 Fungsi kopling pada motor adalah:

  • Memindahkan tenaga dari poros engkol ke transmisi.
  • Memutuskan hubungan poros engkol dengan transmisi ketika akan pindah gigi.
  • Menghubungkan kembali poros engkol dan transmisi secara perlahan sejalan dengan peningkatan tenaga mesin.

Komponen kopling terdiri dari:

  • Rumah kopling yang berputar bersama poros engkol.
  • Pusat kopling yang ada dalam transmisi.

Fungsi kopling tidak optimal jika kopling mengalami kerusakan atau aus. Tanda-tanda kopling motor aus atau rusak adalah:

  • Tenaga mesin kurang.
  • Akselerasi untuk mencapai top speed melemah.
  • Terdengar suara aneh.
  • Putaran mesin bertambah tinggi.
  • Kopling selip.

Banyak calon pembeli motor jaman sekarang yang memilih serba otomatis, termasuk soal pemilihan jenis jenis kopling. Namun masih banyak pula yang menyukai kopling manual dengan alasan lebih bertenaga, mudah perawatannya dan awet. Apapun pilihannya, pengguna motor harus lebih memahami fungsi kopling berdasarkan jenisnya agar bisa melakukan penggunaan dan perawatan yang seusai.

Jika sekali waktu kopling motormu bermasalah  sebaknya  lakukan segera perawatan ditangani oleh tenaga ahli. Karena itu bisa kunjungi bengkel AHASS terdekat, sekaligus lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di  bengkel AHASS agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.


Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Tips Motor Kopling Motor Fungsi Kopling

Berita Terkait