Kenali Lebih Dekat 4 Fungsi Utama Jalu Stang

Publikasi: 1 tahun 13 hari 23 jam 2 menit yang lalu

Ada sebuah komponen  kecil yang berada di ujung kiri dan kanan stang sepeda motor. Namanya jalu stang atau bisa juga disebut dengan bar-end. Meski bentuknya kecil, tetapi jalu stang memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu menyeimbangkan motor.

Selain itu, jalu stang juga berfungsi untuk mengurangi getaran yang muncul pada kemudi sepeda motor. Jadi, ketika  jalu stang dilepas, akan terasa getaran pada sepeda motor menjadi lebih kencang. Apalagi, jika motor yang dikemudikan adalah motor sport. 

Lantas apa fungsi dari jalu stang?

1.Untuk Nyaman Mengemudi

Keberadaan jalu stang  pada motor adalah untuk meredam getaran pada sepeda motor. Tapi, apa yang bakal terjadi apabila sepeda motor bergetar dan tidak diredam?

Dalam kondisi seperti itu, aliran darah ke tangan dan jari pengemudi menjadi tidak menentu. Hal ini akan membuat jari-jari menjadi tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga menurunkan daya cengkeram.

Oleh karena itu, apabila mengendarai sepeda motor yang bergetar tanpa diredam dalam jangka waktu yang lama, maka jelas pengendara  motor akan merasa  tidak nyaman saat berkendara.

Dalam konteks ini, jalu stang motor akan mampu meredam getaran sepeda motor menjadi salah satu solusinya sehingga Anda dapat tetap nyaman saat berkendara.

2. Peredam Getaran

Jalu stang mampu memberikan efek redaman dengan cara menurunkan frekuensi resonansi.  Hal ini membuat Anda mendapatkan pegangan yang lebih mantap dengan kondisi stabil ketika sedang mengemudi.

3.Penyeimbang Dinamis

Saat berkendara dengan kecepatan tinggi, pegangan Anda pada motor akan sangat sulit. Hal ini karena adanya hambatan udara dan drag di bagian depan yang membuat goyang.

Jalu stang, dalam hal ini, dapat memberikan efek yang lebih stabil pada peganganuntuk melawan efek tersebut. Oleh karena itu, dengan bantuan jalu stang, Anda tidak perlu mendorong pegangan stang motor dengan keras untuk dapat mengendarainya dengan stabil.

4. Pelindung Saat Jatuh

Umumnya, apabila pengendara yang jatuh dari motor, maka ia akan jatuh ke samping. Oleh karena itu, jalu stang yang berada di samping juga berfungsi secara tidak langsung sebagai media bantalan untuk menyerap dampak jatuh tersebut.

Apalagi, jalu stang sepeda motor yang terbuat dari karet juga memiliki efek yang baik terhadap getaran dan benturan. Hal ini memastikan bahwa pegangan tidak tertekuk dan bergeser ketika jatuh.

Nah, sekarang semakin terbuka informasi tentang jalu stang pada motor, kan?! 

Jika sekali waktu memerlukan pemeriksaan dan perawatan jalu stang atau keseluruhan komponen motor yang perlu dilakukan berkala secara rutin, bawa segera motormu ke bengkel AHASS terdekat, agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya manfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service. 

Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Tips Motor Jalu Stang Stang Motor

Berita Terkait