Kenapa Busi Cepat Rusak? Begini Penjelasannya!

Publikasi: 5 bulan 21 hari 9 jam 57 menit yang lalu

Busi motor memiliki fungsi untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil, lalu menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin api di akhir langkah kompresi.

Cara kerja busi adalah ketika busi motor terhubung ke tegangan, dimana besarnya dari tegangan ini adalah ribuan volt yang dihasilkan dari ignition coil

Tegangan inilah yang nantinya menghasilkan tegangan listrik yang berbeda dengan tegangan elektroda pada bagian tengah dan bagian samping busi. 

Terkadang busi tidak bisa bekerja dengan maksimal ketika terjadi "banjir" pada celah isolator busi.

Saat terjadi perbedaan tegangan yang melebihi kekuatan elektrik gas, maka gas akan ikut ber ionisasi sehingga yang pada awalnya bersifat sebagai isolator, kini akan berubah menjadi konduktor. 

Sehingga arus elektron nanti akan mengalir dan juga meningkatkan suhu ada celah percikan busi, suhu inilah yang nantinya mampu mencapai lebih dari 60K.

Lantas kenapa busi cepat rusak?

Kalau busi motor sering rusak atau mati, bisa jadi itu akibat terjadi kebocoran pada  klep. Dan penyebab utama busi yang sering rusak memang kebocoran klep. Kebocoran pada klep ini mengganggu kerja busi dan mengurangi usia pakainya.

Bagaimana kebocoran klep bisa memengaruhi busi? Karena ada area klep yang bocor, maka campuran bensin dan udara di mesin, jadi terlalu banyak. 

Bensin yang terlalu banyak ini bisa menempel di area busi yang akhirnya gagal memercikkan api untuk menyalakan motor.

Bensin yang banyak dan menempel di elektroda busi inilah yang membuat akhirnya  busi cepat rusak

Selain itu, karena asupan bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar jadi tidak ideal,  dan menjadi penumpukan kerak sisa pembakaran di ruang bakar.

Kerak ini juga menjadi musuh dan bisa mengurangi usia pakai busi. Makanya, kalau busi mendadak bermasalah atau mati,  lebih baik dilakukan pengecekan secara total di area mesin.

Apalagi jika motor juga susah hidup ditambah muncul asap dari area knalpot motor, itu jadi ciri adanya kebocoran pada klep.

Banyak orang yang masih menganggap sepele masalah  klep bocor, jika dibiarkan masalahnya  akan merembet ke komponen lain dan  jelas ini akan memakan banyak biaya untuk perbaikan. 

Nah, mulai hati-hati  da cermati busi motormu, ya. Selamat  berkendara


Label : Safety Riding Tips Motor Honda Oktan BBM BBM Oktan Tinggi

Comment

User Comment

Your comment

Load More