Kenapa Hujan Pertama Kali Bikin Banyak Pengendara Jatuh

Publikasi: 8 bulan 16 hari 20 jam 47 menit yang lalu

Setelah cuaca panas berkepanjangan, dan kemudian turun hujan pertama kalinya, banyak pengendara motor atau roda dua yang jatuh kecelakaan. Padahal, curah hujan juga tidak begitu deras, akan tetapi banyak yang mengalami selip dan akhirnya jatuh. Kondisi aspal, menjadi sangat licin saat hujan pertama kali. 

Penyebab Jalan Licin Saat Hujan Pertama Kali Turun

Ternyata ada penjelasannya, kenapa jalanan aspal begitu sangat licin ketika hujan pertama kali turun. Setiap harinya, jalanan tentu dilalui banyak kendaraan. Saat kendaraan melintas inilah, beberapa ada yang meneteskan oli atau hasil buang mesin kendaraan lainnya. Selain itu, kotoran pasir dan juga debu turut jatuh di atas aspal. Oli dan juga debu pasir tadi, akan mengendap masuk ke dalam pori-pori aspal. 

Kotoran tadi akan mengendap dan bertahan menumpuk di lapisan aspal ketika udara panas. Saat hujan turun untuk pertama kali, kotoran oli dan debu akan terangkat ke permukaan aspal oleh air. Lapisan paling luar aspal akan tertutup oleh oli dan debu yang terangkat oleh air hujan. Hal ini akan membuat ban roda gampang mengalami selip, sebab daya gesek roda dan aspal akan berkurang. 

Jika pengendara melakukan manuver secara tiba-tiba atau melakukan pengereman yang sedikit dalam, akan memicu selip ban. Hal inilah yang membuat pengendara kehilangan kendali atas kendaraan dan kemudian terjatuh. Jadi itulah alasan teknis kenapa saat hujan baru pertama kali turun setelah musim kemarau, jalanan jadi begitu licin dan membuat pengendara terjatuh. 

Tips Berkendara Saat Hujan Baru Turun

Setelah mengetahui alasan jalanan sangat licin saat baru turun hujan, tentunya anda harus memperhatikan beberapa hal sebagai pencegahan, agar tidak ikut menjadi korban. 

Pertama yang perlu anda perhatikan adalah cara anda mengendarai kendaraan roda dua. Ketika hujan baru turun, jangan mengendarai motor dengan kecepatan tinggi. Resiko selip roda pada kecepatan tinggi akan sangat besar sekali. Berkendaralah dengan pelan dan hati-hati. 

Pastikan anda memiliki kendali penuh atas motor anda, dan tetap konsentrasi pada jalan dan sekitar. Sehingga ketika ada halangan saat berkendara, anda masih mampu mengendalikan laju motor anda. 

Kecepatan yang tidak terlalu kencang, akan berpengaruh pada cara anda melakukan pengereman ketika dibutuhkan. Dengan kondisi jalan yang sangat licin saat baru turun hujan, pengereman sedikit dalam saja sudah bisa membuat anda kehilangan kendali motor. Oleh karena itu, jaga jarak dengan kendaraan di depan anda. 

Sehingga ketika ada halangan di depan motor, anda masih bisa menghindar dan imbangi dengan melakukan pengereman sedikit-demi sedikit hingga anda bisa melewati halangan di depan motor tanpa mengalami kendala serius. 

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More