Kenapa Knalpot Bisa Mengeluarkan Asap Putih?

Publikasi: 8 bulan 15 hari 11 jam 24 menit yang lalu

Knalpot merupakan alat peredam kebisingan pada kendaraan. Untuk tujuan tersebut, knalpot dirancang agar suara yang keluar tidak terlalu keras dalam artian mampu menyerap bising yang dihasilkan oleh motor bakar penggerak. 

Di luar soal mengeluarkan suara bising, Knalpot  juga kadang  bisa mengeluarkan asap putih. Apakah ini sebuah masalah? Dalam banyak kasus, asap putih ini disebabkan oleh kondensasi air dalam sistem knalpot.

Saat mesin kendaraan berjalan, gas buang yang dihasilkan mengandung uap air. Ketika gas ini mencapai sistem knalpot yang lebih dingin, uap air tersebut akan mengembun dan berubah menjadi asap putih.

Misalnya pada kondisi cuaca dingin. Saat kondisi cuaca tersebut, mesin kendaraan akan menghasilkan lebih banyak uap air saat proses pembakaran berlangsung.

Ini dapat menyebabkan knalpot mengeluarkan asap putih saat pertama kali mesin dihidupkan. Biasanya, asap putih ini akan hilang setelah mesin kendaraan mencapai suhu kerja normal.

Tanda Masalah Serius?

Namun, dalam beberapa kasus, asap putih yang keluar dari knalpot bisa menjadi pertanda masalah yang lebih serius. Tanda apa saja, coba Simak yang berikut :

1.Tanda Kebocoran

Asap  putih  bisa menjadi anda kebocoran kepala silinder mesin. Kebocoran ini dapat menyebabkan cairan pendingin ataupun pelumas masuk ke ruang bakar.

Ketika cairan ini terbakar bersama dengan bahan bakar, hasil pembakarannya akan menghasilkan asap putih yang keluar dari knalpot.

2.Sistem Pendingin Rusak

Masalah lain yang mungkin timbul dari pertanda asap putih adalah masalah sistem pendingin. Jika sistem pendingin kendaraan mengalami kerusakan atau kebocoran, cairan pendingin dapat masuk ke ruang bakar dan menyebabkan asap putih.

3. Tanda Sistem Injeksi Bahan Bakar Bermasalah

Pertanda lainnya juga bisa karena masalah pada sistem injeksi bahan bakar. Jika sistem injeksi bahan bakar kendaraan mengalami masalah, pembakaran bahan bakar tidak akan efisien. Hal ini dapat menghasilkan asap putih yang keluar dari knalpot. Pastikan sistem injeksi bahan bakar Anda dalam kondisi baik dan bersih.

Untuk memastikan kebocoran  seperti apa yang sedang terjadi, penting segera periksakan kendaraan ke bengkel. Silahkan kunjungi bengkel AHASS terdekat, sekaligus  lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS , agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Cari Aman Tips Motor Honda #hondacare Knalpot Motor Merawat Knalpot Motor

Berita Terkait