wanda

Kenapa Perlengkapan Sepeda Motor Harus Dilengkapi

Publikasi: 4 bulan 1 hari 4 jam 51 menit yang lalu

Perlengkapan sepeda motor menjadi salah satu komponen penting yang harus dilengkapi. Mungkin kamu termasuk anak muda yang gemar memodifikasi sepeda motor kesayangan kamu, tapi akan berdampak buruk jika kamu mengurangi bahkan menghilangkan beberapa kelengkapan sepeda motor yang penting.

Salah satu perlengkapan sepeda motor yang paling penting spion, misalnya. Beberapa orang, khususnya anak muda kekinian beranggapan bahwa spion itu tidak penting karena spion standar biasanya dianggap tidak keren. Dan juga beberapa contoh lainnya seperti knalpot standar yang juga dianggap tidak kekinian, sehingga harus mengganti dengan knalpot yang lebih kekinian.

Itulah mengapa kita akan membahas mengenai pentingnya kelengkapan motor harus lengkap sehingga kesadaran akan berkendara dengan aman menjadi lebih diutamakan.

1. Kelengkapan Sepeda Motor Merupakan Standar Keamanan Dalam Berkendara 

Kelengkapan sepeda motor standar dibuat bukan hanya sekedar untuk gaya – gaya atau style semata, melainkan untuk keselamatan pengendara juga, dan sangat ironis memang banyak orang yang tidak mengetahui fakta ini. Spion yang diletakkan di sepeda motor berfungsi untuk mengetahui keadaan di belakang kita sehingga menjadikan pengendara aman saat berbelok. 

Selain itu knalpot standar juga didesain dengan standarisasi yang sudah ditentukan, dalam hal kebisingan dan juga penyaringan gas berbahaya yang dileluarkan, memang beberapa knalpot kustom juga sudah memiliki standar yang bagus, tapi tidak untuk kebanyakan kasus yang terjadi di Indonesia.

Nah, untuk itu kelengkapan sepeda motor bisa menjadi faktor penting keselamatan saat berkendara, terutama untuk sepeda motor atau kendaraan roda dua.

2. Kelengkapan Sepeda Motor Standar Juga Merupakan Peraturan Lalu Lintas 

Jika kita berkendara di jalan raya, dalam hal ini di Indonesia tentunya kita harus menaati peraturan lalu lintas yang berlaku. Salah satu peraturan lalu lintas yang berlaku adalah menggunakan kelengkapan standar sepeda motor. Spion standar yang bisa digunakan untuk melihat dengan jelas keadaan di belakang pengendara, menggunakan helm untuk persyaratan keamanan berkendara, warna lampu standar merah untuk lampu belakang, kuning untuk lampu sein, dan menyalakan lampu utama di siang hari untuk pengendara roda dua.

Jika kita tidak melengkapi kelengkapan sepeda motor tentunya kita melanggar peraturan lalu lintas yang ada, sehingga kita akan mendapatkan sanksi sesuai dengan pelanggaran lalu lintas yang kita lakukan. Jadi lebih baik kita melengkapi kelengkapan tersebut agar kita selalu merasa tenang saat berkendara di jalan.

Alangkah baiknya juga jika kamu tidak memodifikasi sepeda motor kamu secara ekstrim, seperti mengubah dimensi, mengubah spesifikasi mesin yang tidak sewajarnya, karena hal tersebut bisa berbahaya bagi kamu sendiri dan juga pengguna jalan yang lainnya.

Perlengkapan sepeda motor standar sudah tidak diragukan lagi memang harus dilengkapi karena terkait dengan keamanan dan kenyamanan berkendara. Ditambah dengan beberapa perlengkapan untuk pengendara seperti kaos tangan, sepatu dan berbagai peralatan safety riding lainnya menjadikan berkendara menjadi lebih aman dan nyaman.

Kamu juga harus memperhatikan modifikasi kekinian jaman now yang bisa diterapkan ke sepeda motor kamu tanpa harus melanggar peraturan – peraturan yang sudah ada dan juga mengurangi perlengkapan standar sepeda motor yang sudah ada. Pengendara motor yang bijak adalah pengendara motor yang berkendara dengan mengutamakan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan lain.

Nah Bro, masih menganggap remeh perlengkapan sepeda motor standar? Mulai dari sekarang lengkapi sepeda motormu dengan perlengkapan standar agar lebih nyaman saat berkendara di jalan ya, Bro.


Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More