Kenapa Sih, Noken As Motor Bisa Terkikis?

Publikasi: 3 bulan 19 hari 19 jam 34 menit yang lalu

Seperti halnya komponen lain pada motor, noken as alias kem motor pun bisa aus alias terkikis. Sayangnya, masih banyak pemilik motor yang tidak menyadari hal ini, lantaran menganggap noken as cukup kuat, sehingga rasanya mustahil untuk menjadi aus.

Padahal, ada dua kebiasaan dari pemilik atau pengguna motor maupun modifikasi yang bisa bikin noken as motor terkikis. Pertama, sering lupa ganti oli. Kedua, kesalahan mekanik.

2 Penyebab Noken As Motor Aus

Berikut ini dua pemicu ausnya noken as motor, sehingga bisa Anda antisipasi agar tidak terjadi di kemudian hari.

1. Kerap lupa ganti oli

Kalau Anda sering lupa mengganti oli motor, tentu volume oli sudah banyak sekali berkurang. Jadi, sifat pelumasan mesin telah menurun, tapi sayangnya, motor masih saja dipakai sehari-hari. Nah, karena pelumasan tadi sudah berkurang, komponen pun akhirnya terkikis, termasuk noken as.

2. Noken as copy

Mungkin Anda pernah mendengar istilah noken as copy yang baru-baru ini seakan jadi tren. Nah, jika ingin mengubah durasi atau membubut, Anda harus ekstra cermat. Soalnya, membuat noken as copy bukan perkara mudah. Hasil akhirnya harus benar-benar pas. Apa jadinya kalau tidak rapi? Ya kalau hasil bubutan tidak mulus, noken as pun lama-lama jadi aus.

Saat noken as terkikis, Anda akan mendengar bunyi yang sangat mengganggu dari mesin motor. Solusinya tak lain tak bukan adalah dengan menggantinya dengan noken as baru. 

Apa Jadinya Kalau Ga Ganti Noken As?

Kalau masih cuek saja meski sudah mendengar suara berisik dari mesin dan tidak mengganti noken as motor walau Anda tahu itulah biang keroknya, bersiaplah menghadapi sederet penyakit pada motor ini.

1. Performa turun

Tak cuma suara yang berisik. Anda pun akhirnya harus merasakan performa yang turun ketika mesin berakselerasi. Akibatnya, motor rasanya ga nge-gas seperti biasanya.

2. Komponen lain ikut rusak

Ternyata, kerusakan noken as motor ini bisa menjadi penyakit yang menular ke komponen lainnya. Sebab kalau dibiarkan, akan ada bagian lain yang mengalami gangguan. Sebut saja celah klep yang membesar. Kalau sudah begini, klep akan susah disetel. Bahkan ga mustahil kalau akhirnya jadi bocor. 

3. Boros bensin

Ini efek dari bocornya klep karena noken as yang aus. Sebab ketika bukaan klep tidak normal, tarikan motor pun terasa lambat. Kondisi ini tentu saja membuat boros bensin.

Nah gimana, masih mau cuek dengan noken as motor yang terkikis?

Referensi

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More