Kepala Busi Menghitam, Bukan Berarti Harus Diganti

Publikasi: 13 hari 17 jam 55 menit yang lalu

Di kalangan umum  pengguna sepeda motor, banyak yang berpendapat, bahwa warna hitam  yang terdapat pada  kepala busi,  menadakan busi  harus segera diganti dengan yang baru. Padahal, menghitamnya kepala busi  tidak bisa menjadi patokan baku bahwa busi wajib segera diganti.

Sesungguhnya, warna hitam  pada kepala busi sendiri dibedakan menjadi dua, yakni  hitam yang basah karena oli serta hitam tapi kering. Kalau hitam dan basah,  itu bisa dipakai sebagai indikasi  bahwa oli masuk ke ruang bakar,  karena ring piston sudah lemah atau liner piston yang baret.

Sementara hitam dan kering biasanya karena campuran bensin yang terlalu banyak ketimbang udara yang masuk. Istilahnya settingannya terlalu basah atau kebasahan Kotoran hitam akibat settingan terlalu basah bisa membuat elektroda busi tertutup kotoran. Dan ini mengakibatkan mesin susah dinyalakan.

Selain itu settingan yang terlalu boros juga bisa bikin mesin jadi kurang bertenaga. Sementara itu,  sebagai tanda busi harus diganti  adalah harus dilihat dari elektroda. Biasanya bagian ini sudah habis atau rusak. 

Jadi, jangan terkecoh ya, tanda untuk   mengganti  busi, bukan dari warnanya. Nah, sekarang sudah tahu kan, indikasi dari tanda warna pada kepala busi tersebut?! 

Karena itu  jangan lupa  untuk  selalu melakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin  di bengkel AHASS terdekat, agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya manfaatkan  pulalayanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service. 

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Wahanahonda #hondacare Busi Motor Busi

Comment

User Comment

Your comment

Load More