Ketahui Arti Label Gambar Yang Ada Pada Sepeda Motor

Publikasi: 1 tahun 1 bulan 17 hari 2 jam 1 menit yang lalu

Selain petunjuk penggunaan, produsen sepeda motor Honda juga memberikan serangkaian informasi penting dalam bentuk label bergambar simbol-simbol tertentu di beberapa bagian sepeda motor.  

Semua label simbol yang ditempel berfungsi untuk memberi informasi atau peringatan penting yang harus diperhatikan dan diterapkan oleh pemilik sepeda motor. Mulai dari informasi standar penggunaan hingga keselamatan. 

Terdapat simbol spesifik pada masing-masing label. Berikut ini beberapa pengertian simbol dan label yang ada pada sepeda motor: 

Label informasi buku pedoman 

Label ini berbentuk logo buku dengan huruf (i) di bagian kanan. Label ini menjelaskan agar pemilik sepeda motor membaca secara saksama seluruh petunjuk yang terdapat dalam Buku Pedoman Pemilik Kendaraan Bermotor. 

Label Service  

Label ini digambarkan dengan logo buku yang tedapat gambar kunci pas pada bagian kanan.Selain itu, pemilik sepeda motor juga disarankan agar selalu melakukan service dan perawatan sepeda motor di bengkel AHASS. 

Label Peringatan 

Simbol ini bergambar tanda seru di dalam segi tiga. Simbol ini merupakan simbol peringatan penting terkait keselamatan yang perlu diketahui oleh pemilik sepeda motor.  

Setidaknya ada tiga warna latar berbeda pada simbol ini, dimana setiap warna latar memiliki tingkat risiko berbeda, seperti merah, oranye dan kuning. 

Label Tutup Radiator 

Simbol ini berbentuk lingkaran seperti donat dengan 4 logo. Simbol ini memberi informasi penting dimana setiap logo memiliki informasi penting terkait keselamatan dan potensi bahaya yang bisa terjadi pada radiator. 

Label ABS 

Simbol ini hanya terdapat pada sepeda motor dengan tipe ABS, atau sepeda motor yang telah dilengkapi dengan fitur pengereman Anti-lock Brake System. 

Label CBS 

Sama seperti ABS, simbol ini hanya tertera pada sepeda motor yang telah mengadopsi sistem pengereman Combi Brake System (CBS). Simbol ini juga menginformasikan agar pemilik sepeda motor tipe CBS hanya melakukan penyetelan kabel CBS di bengkel AHASS. 

Label Informasi Ban dan Kargo 

Pada label ini terdapat banyak informasi dan peringatan penting terkait ban dan kargo. Label ini menjadi petunjuk penting terkait tekanan angin ban dan batas maksimal bobot kargo yang bisa dibawa. Selain itu, pada label ini juga memberikan peringatan penting agar pengendara selalu menggunakan perlengkapan berkendara. 

Label Bahan Bakar 

Label ini digambarkan dengan logo buku dan dispenser bbm. Label ini memberikan informasi penting agar pemilik sepeda motor membaca petunjuk penggunaan bahan bakar yang disarankan. 

Label Saringan Udara 

Label ini memberikan informasi petunjuk perawatan saringan udara, mulai dari bahan saringan yang digunakan hingga apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat melakukan perawatan saringan udara.

Dengan adanya label-label tersebut pada sepeda motor diharapkan dapat memberi informasi kepada pemilik sepeda motor mengenai keselamatan dan potensi bahaya serta petunjuk penting lain yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh pemilik sepeda motor.

Apabila terjadi hal-hal yang tidak normal pada sepeda motor, segera bawa sepeda motor ke bengkel AHASS terdekat  untuk mendapat pemeriksaan dan perbaikan dari Teknisi ahli Honda. Manfaatkanlah layanan booking servis dan layanan kunjung AHASS untuk layanan bebas antri.

Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Wahanahonda

Berita Terkait