wanda

Klakson Mati? Buruan Cek Beberapa Komponen Berikut Ini

Publikasi: 11 bulan 18 hari 5 jam 27 menit yang lalu

Klakson adalah part yang memegang porsi yang sangat vital. Walaupun tanpa klaksonpun motor bisa berjalan, tapi absennya si pemilik suara nyaring ini bisa meningkatkan potensi kecelakaan yang bisa terjadi pada pengguna motornya. Oleh karena itu bisa dikatakan perannya hampir sama seperti lampu. Untuk membuat pengendara di depan kita tau akan keberadaan kita di belakangnya.

Tapi gimana dong kalau udah terlanjur gak bersuara? Ya jawaban singkatnya sih bawa aja ke bengkel dan buruan dibenerin. Tapi kalau misalnya urgent, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan nih supaya suara di klaksonmu kembali normal.  Atau paling gak, kamu jadi tau dimana terjadinya masalah matinya klaksonmu. Yuk kita lihat beberapa cara di bawah ini supaya klaksonmu bisa hidup lagi. 

1. Cek AKI

Sudah pasti yang dicek pertama adalah aki motormu. Bukan aki motor orang lain, karena yang rusak kan klakson motormu, gimana sih. 

Oke, sekarang kita serius. Kamu harus cek bagaimana kondisi kelistrikan dari motormu ini brader. Kira – kira soak ga akinya? Nah bagaimana cara ceknya? Aki yang soak akan memberikan tanda – tanda seperti ini. Diantaranya :

  • Selain klakson kamu, electric starter juga sedikit ngadat
  • Lampu agak redup
  • Ritme lampu sein mulai mengikuti rpm dari gas
  • Kick starter juga susah / lebih lama menyalakan motormu daripada biasanya.

Kalau ini adalah gejala – gejala yang kamu alami, buruan ajak motormu ke bengkel dan ganti akinya. Case closed dan klaksonmu bisa kembali menyala.

2. Kabel klakson gimana bro? Aman? 

Jika aki sudah aman dan klaksonmu belum juga bunyi, mungkin kamu bisa cek di bagian wiring dari klaksonmu. Cek kabelnya apa masih tersambung semua atau tidak. Jika ada yang terlepas atau putus, mungkin bisa segera kamu sambung. 

Setelah itu kamu bisa cek apakah bisa nyala atau tidak. Jika bunyinya sudah melengking di telinga kita, berarti kabelnya bisa di buat lebih solid lagi untuk pengikatannya. Agar tidak copot lagi nantinya. 

3. Baut Platina

Jika masih belum bunyi juga, ada baiknya kamu cek baut platina yang ada di bagian belakang klakson motormu. Biasanya baut akan berubah posisi ketika motor melewati jalanan terjal nan berbatu. Bisa jadi itu yang membuat klakson motormu mati. 

Yang harus kamu lakukan adalah menyetel ulang baut platina dari belakang klakson tersebut. Setel ulang baut platinanya dengan cara membuka mur pengunci dengan tang dan memutar baut tersebut dengan obeng. Lakukan hal ini sembari menekan tombol klakson, supaya bisa klik secara presisi. 

4. Periksa keadaan saklar dari klaksonmu.

Hal yang terakhir harus dicek adalah sakelar dari klakson motormu. Bisa jadi saklar klaksonmu ini kotor dan harus dibersihkan. Bisa jadi juga ini efek kamu jarang mandiin motormu. Makanya, kamu harus sering – sering mencuci motormu dengan benar. Sayang banget kalau klaksonmu mati gara – gara hal sepele seperti ini. 

Yang perlu kamu lakukan sekarang adalah melepas rumah saklar dari stang motormu, setelah itu bersihkan menggunakan amplas halus. Menambahkan cairan antikarat akan sangat dianjurkan di tahap ini. Bersihkan ampe bersih brader, biar nantinya kamu ga perlu bersihin part ini lagi. Setelah itu cobain klaksonmu. Apa udah bunyi sekarang? 

Jika masih belum bunyi, bisa jadi minta diganti tuh part dari klaksonmu. Bawa ke bengkel resmi untuk dapatkan sparepart original. Jangan yang abal – abal kalo pengen kualitas motor terawat secara maksimal.

Label : Cari Aman

Comment

User Comment

Your comment

Load More