Kok Sekring Motor Bisa Putus? Padahal Baru Diganti

Publikasi: 1 bulan 26 hari 4 jam 32 menit yang lalu

Bukan hubungan gebetan dan pacarnya saja yang bisa putus. Sekring motor pun bisa putus. Bahkan, sekring baru tuh ternyata belum tentu jadi jaminan awet. Kok bisa gitu ya? Pastilah ini bikin jengkel. Apalagi kalau sekring putus, klakson dan lampu motor akhirnya tidak menyala. Belum lagi kalau ternyata motor kesayangan Anda mogok.

Oleh karena itu, penting lho, untuk mengetahui penyebab sekring motor putus, meski baru diganti. Jadi, Anda bisa menghindarinya. Apalagi kalau lagi mau boncengin gebetan naik motor.

Penyebab Sekring Motor Putus, Hati-hati Ya!

Sekring motor bisa putus karena korsleting. Selain itu, ukuran sekring yang lebih kecil pun bisa memicu matinya ‘listrik’ di motor ini. Secara lebih lengkap, ini dia penyebab putusnya sekring motor yang akhirnya membuat Anda kerepotan. 

1. Sekring motor putus karena beban listrik

Biasanya, sekring motor putus karena kelebihan muatan listrik. Bahkan, sekring bisa sampai meleleh akibat panas dan terbakar. Nah, kalau ini kasusnya, Anda harus mencari sekring baru dengan voltase lebih besar. Selain itu, periksa juga kualitas kabelnya. Jangan sampai memilih kabel yang mudah meleleh dan terbakar.

2. Sekring motor putus karena korsleting

Selain kelebihan beban listrik, sekring juga bisa terputus karena korsleting listrik, yang membuat arus listrik ke jalur sekrikng menjadi tidak stabil. Selanjutnya, bisa ditebak, sekring mengalami kerusakan, sebelum akhirnya terputus. Jika ini yang terjadi, pengecekan harus dilakukan untuk mencari bagian motor yang korsleting. Sebaiknya Anda mempercayakan tugas ini pada teknisi di bengkel

3. Sekring motor putus karena kualitas komponen yang buruk

Penyebab lain sekring motor putus adalah buruknya kualitas komponen seperti ketebalan kabel. Jangan mudah tergiur dengan harga murah, ya. Ingat, ada harga, ada rupa. Memang sih, kesannya lebih hemat waktu membeli komponen murah seperti kabel tadi.

Nah tapi kalau akhirnya sekring motor putus, Anda malah harus merogoh kocek lebih dalam untuk menggantinya dengan yang baru. Oleh karena itu, perhatikan kondisi sekring yang baru Anda beli. Jika longgar ketika dipasang, itu tandanya sekring tersebut terlalu kecil. 

Apabila sekring terlalu kecil, akan ada risiko para arus listrik. Bahkan kondisi ini bisa membuat motor terbakar secara tiba-tiba.

Sebelum kejadian, sekarang lebih baik cek kondisi kelistrikan motor Anda!

Referensi:

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda

Comment

User Comment

Your comment

Load More