Komponen Motor Yang Harus Diganti Secara Berkala

Publikasi: 5 bulan 20 hari 13 jam 31 menit yang lalu

Perawatan kendaraan bermotor memang kerap kali membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Selain haru rajin-rajin menjadwalkan service yang rutin dan berkala ternyata terdapat beberapa komponen atau spare part yang punya masa expired atau tidak bisa digunakan dalam jangka panjang.

Jika tidak mengganti komponen-komponen tersebut, sepeda motor yang biasa kerap kita pakai sehari-hari akan mengalami mogok hingga kerusakan fatal yang kerap tidak kita sadari karena kurang memperhatikan jadwal service rutin dan ganti spare part.

Mengganti beberapa komponen sepeda motor yang memang seharusnya secara berkal diganti akan membuat kekuatan sepeda motor tetap prima dan gesit. Selain itu, suara mesin sepeda motor pun akan terasa halus dan seperti sedia kala saat kita pertama membeli motor tersebut. namun, semua itu juga harus diiringi perawatan dari ahli service.

Terdapat setidaknya delapan komponen atau spare part sepeda motor yang perlu diganti secara berkala. Berikut merupakan rangkuman dari delapan komponen sepeda motor yang perlu diganti secara berkala.

1. Oli Mesin

Penggunaan sepeda motor pasti sudah tidak asing dengan penggantian oli. Oli mesin mempunyai peran yang vital pada mesin sepeda motor. Komponen ini berperan sebagai pelumas kinerja di dalam mesin kendaraan.

Penggantian oli mesin secara berkala akan membuat sepeda motor menjadi terasa lebih halus dan memiliki akselerasi yang baik. Karena memiliki peran yang penting, oli mesin kerap diibaratkan seperti darah di dalam tubuh manusia. Sejauh ini oli menjadi komponen pertama yang wajib diganti secara berkala.

Idealnya oli diganti setiap sebulan atau dua bulan sekali. Namun juga tergantung dari pemakaian kendaraan Anda, ya.

2. Busi

Jangan pernah meremehkan kondisi busi pada kendaraan. Meski busi adalah spare part atau suku cadang dengan ukuran mini tapi jika busi sudah bermasalah maka mesin sepeda motor tidak akan berjalan fungsinya seperti biasa. 

Busi sendiri merupakan suku cadang yang berfungsi untuk memantik api agar pembakaran mesin bekerja. Jadi jika busi sudah kotor, ada baiknya pengguna sepeda motor segera mengganti bukan malah dibersihkan. Busi biasanya diganti saat motor telah digunakan menempuh jarak sebesar 20.000 km dan 50.000 km.

3. Aki

Aki berfungsi mengoperasikan sistem kelistrikan pada sepeda motor. Jika sepeda motor masih menggunakan aki basah, maka pengguna perlu memeriksa secara rutin kondisi air aki. Namun jika sudah menggunakan aki kering biasanya perlu waktu 1,5 - 2 tahun untuk mengganti aki. Itupun jika kita menggunakan sepeda motor secara rutin.

4. Lampu Kendaraan

Tidak hanya aki, lampu kendaraan pun punya batas usia pemakaian. Jika Anda merasa komponen lampu di kendaraan sudah agak redup atau bahkan tidak menyala sama sekali, sebaiknya segera dilakukan pengecekan dan diganti jika perlu. Sebab meski sepele, keberadaan lampu ini memegang peran yang cukup vital, lho.

Lampu rem misalnya, keberadaannya berguna untuk memberitahukan pada pengendara di belakang bahwa Anda sedang mengurangi kecepatan. Kemudian untuk lampu sein berguna sebagai pemberi informasi pada pengendara lain bahwa Anda akan menepi atau berbelok ke arah yang ditentukan. Untuk lampu utama sendiri seperti yang kita tahu berfungsi sebagai penerang jalanan terutama jika kondisi gelap dan minim penerangan.

5. Kampas rem dan bagian kaki kendaraan

Bagian vital lain dari sepeda motor adalah rem. Jika kampas rem sudah semakin menipis atau sudah aus, sangat disarankan untuk segera diganti. Komponen ini biasanya diganti jika motor telah digunakan untuk menempuh jarak 20.000 km.

Kampas rem menjadi komponen yang harus rutin diganti karena berhubungan langsung dengan keselamatan Anda saat berkendara. Seperti yang kita tahu ada begitu banyak kecelakaan yang terjadi karena rem blong atau cengkraman rem yang kurang kuat. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh kondisi kampasnya yang sudah aus atau sudah mulai menipis sehingga tidak berfungsi optimal.

6. Kampas kopling

Bagi pengguna motor sport, kampas kopling juga perlu diganti secara berkala. Terlebih jika kampas tersebut sudah cukup aus dan tidak berfungsi maksimal lagi saat digunakan berkendara.

7. Filter motor

Filter merupakan bagian dari sepeda motor yang punya usia pakai yang cukup rendah. Hal ini tergantung dari jenis filter yang digunakan serta penggunaan sepeda motornya.

Filter yang tidak diganti dapat menyebabkan suara bising pada saat kendaraan digunakan. Sebab akses sirkulasinya terhalang oleh debu atau kotoran yang menyangkut di sana. Untuk itu agar motor Anda tetap dalam keadaan prima, lakukan penggantian komponen ini secara berkala, ya. 

8. Ban

Komponen terakhir yang harus secara rutin diganti secara berkala adalah ban. Ban merupakan suku cadang motor yang sangat penting, apalagi jika sepeda motor digunakan secara rutin di jalanan yang kondisinya kurang baik. Biasanya ban perlu diganti setiap setahun sekali, namun hal ini juga tergantung dari penggunaan dan kondisi ban itu sendiri. 

Jika Anda sering menggunakannya di medan yang cukup ekstrem dan kondisi ban sudah agak aus atau muncul retakan di beberapa sisi. Lebih baik segera lakukan penggantian ban karena hal tersebut dapat membahayakan keselamatan diri Anda sendiri.

Perawatan yang dilakukan secara rutin dan berkala akan membuat pengalaman berkendara Anda jauh lebih nyaman. Selamat mencoba!

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Komponen Motor Honda #hondacare

Comment

User Comment

Your comment

Load More