Kurangi Angka Kecelakaan Sepeda Motor Menyambut Ulang Tahun Indonesia

Publikasi: 9 bulan 17 hari 3 jam 26 menit yang lalu

Angka kecelakaan di Indonesia memang cukup tinggi. Kecelakaan di Indonesia sendiri sebagian besar melibatkan kendaraan roda dua. Berdasarkan data dari korlantas pada arus mudik 2019 yang lalu kecelakaan yang terjadi menurun hingga 60%, daripada di tahun 2018. Walaupun angka kecelakaan tersebut menurun namun sebenarnya angka kecelakaan di Indonesia masih cukup tinggi, karena pengguna kendaraan bermotor terutama sepeda motor di Indonesia sangatlah banyak.

Menurunkan angka kecelakaan merupakan sebuah pekerjaan yang tidak mudah. Semua peran elemen masyarakat mulai dari pemerintah, hingga masyarakat berperan sangat penting. Untuk itu sebagai pengendara motor sebaiknya kita juga mempraktekkan standar keamanan dan keselamatan yang ada. Ada banyak faktor yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jalan raya. Nah, dalam rangka menyambut ulang tahun Indonesia ini, kita akan melihat penyebab kecelakaan lalu intas sehingga bisa mengurangi angka kecelakaan di Indonesia.

Penyebab Umum Kecelakaan Sepeda Motor

Jika ingin mengurangi angka kecelakaan yang ada tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab terjadinya kecelakaan yang paling umum dong bro. Baiklah ini dia penyebab umum kecelakaan sepeda motor.

1. Pelanggaran Rambu Lalu Lintas

Pelanggaran rambu – rambu lalu lintas ini menjadi sebuah faktor utama penyebab kejadian kecelakaan yang terjadi di Indonesia. Terdapat berbagai macam jenis rambu lalu lintas yang dilanggar oleh pengguna sepeda motor dan berakibat pada sebuah kecelakaan yang cukup fatal. Rambu sepert garis marka, dilarang putar balik, rambu batas kecepatan dan juga berbagai rambu lainnya kerap sekali tidak diindahkan terutama bagi pengendara sepeda motor.

Rambu lalu lintas harus dijadikan sebagai fokus utama bagi pengendara motor saat berada di jalan raya. Pengendara yang mentaati peraturan dan rambu lalu lintas bisa mengurangi angka kecelakaan dengan cukup efisien dan efektif. Untuk itu ada baiknya jika mulai sekarang kamu mentaati peraturan dan rambu yang berlaku ya sob?

2. Faktor Jalan

Faktor kedua adalah faktor jalan. Yang dimaksudkan dengan faktor jalan adalah faktor – faktor eksternal yang dimiliki oleh jalan, misal jalan rusak, jalan berlubang, jalan tanpa penerangan yang cukup, itu semua bisa menjadi salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas. Pemerintah dalam hal ini harus lebih memperhatikan jalan yang ada di Indonesia. Pembangunan jalan yang memiliki fasilitas bagus juga menjadi salah satu solusi yang baik untuk mengurangi angka kecelakaan.

3. Faktor Kewaspadaan

Selanjutnya adalah kewaspadaan yang merupakan kesalahan fatal yang banyak dilakukan oleh pengendara bermotor, baik mobil, motor, dan kendaraan lainnya.  Ketika mengendarai kendaraan wajibnya kita selalu harus selalu berkonsentrasi dan tetap waspada. Sikap waspada dalam berkendara ini sangatlah efektif untuk mengurangi angka kecelakaan yang ada, terutama bagi kendaraan roda dua. Dengan konsentrasi yang baik kita bisa lebih tenang dalam keadaan jalanan seperti apapun itu.

Dalam perjalanan jauh kadang kewaspadaan kita berkurang karena kita merasa kelelahan, sebab di perjalanan jauh kita membutuhkan kesiapan fisik yang harus benar – benar prima. Agar tetap dalam kondisi prima saat perjalanan jauh sebaiknya kamu melakukan istirahat sejenak disaat merasa lelah. Dengan beristirahat rasa lelah kamu akan hilang dan sebagai gantinya kamu akan bisa lebih berkonsentrasi di sisa perjalanan yang akan ditempuh.

Angka kecelakaan sangat mungkin untuk dikurangi dengan berbagai cara. Pengendara sepeda motor yang baik seperti kamu, tentunya harus memulainya dari diri sendiri sehingga bisa ditularkan kepada pengendara motor lainnya. Selamat mencoba bro!

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Wms Honda Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More