Lain Jenis Motor, Lain Pula Tekanan Anginnnya

Publikasi: 11 bulan 2 hari 10 jam 19 menit yang lalu

Ban adalah peranti yang menutupi velg suatu roda. Ban merupakan bagian penting dari kendaraan darat, dan digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan.

Ban melindungi serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan. Sebagian besar ban yang ada sekarang, terutama yang digunakan untuk kendaraan bermotor, diproduksi dari karet sintetik, walaupun dapat juga digunakan dari bahan lain seperti baja.

Karena merupakan komponen yang vital pada kendaraan bermotor, terlebih pada sepeda motor, maka perlu dirawat dan dijaga kondisinya agar tetap mampu bekerja dengan baik. 

Salah satu cara paling mudah dalam merawat ban motor adalah menjaga tekanan angin tetap dalam ukuran yang ideal. Dengan menjaga tekanan angin tetap sesuai, ban motor tidak akan mudah bocor dan tidak cepat mengalami keausan. 

Setiap tiap tipe motor, baik motor bebek, matik, atau sport, memiliki ukuran tekanan angin yang telah ditetapkan dan dianjurkan produsennya. Dan biasaya ini tertera pada bagian tertentu di tubuh motor  

Untuk motor sport dan motor bebek, biasanya tertera di sticker yang ada di swingarm sebelah kiri, sementara  untuk tipe motor matik, tertera di bagasi barang, di bawah jok. Tapi, ada juga yang ditempel pada dek tengah.

Dan setiap motor  memiliki ukuran standar yang berbeda-beda dari pabrikannya. Untuk lebih tepatnya,  ada baiknya cek lagi tekanan angin yang ideal yang tertera di motor. 

Dan inilah daftar tekanan angin ban motor yang ideal : 

Motor Bebek  

  • Depan: 29 psi (sendirian), 30 psi (berboncengan 
  • Belakang: 31 psi (sendirian), 33 psi (berboncengan) 3. 

Motor Matik  

  • Depan: 29 psi (sendirian dan berboncengan)
  • Belakang: 33 psi (sendirian), 36 psi (berboncengan) 

Motor Sport 

  • Depan: 32 psi (sendirian), 34 psi (berboncengan) 
  • Belakang: 39 psi (sendirian), 41 psi (berboncengan)

Jangan lupa  untuk  selalu melakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS terdekat, agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan  pula llayanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Ban Motor #hondacare Tekanan Ban Motor Angin Ban Motor

Berita Terkait