Lakukan Ini Untuk Jaga Keseimbangan, Agar Motor Tak Hilang Kendali

Publikasi: 1 bulan 16 hari 7 jam 22 menit yang lalu

Tahukah Anda, ternyata mengendarai motor lebih berisiko dibanding mengemudikan mobil. Salah satu alasannya menyangkut keseimbangan. Oleh karena itu, pastikan Anda bisa selalu menjaga keseimbangan saat naik motor.

Meski bagi pemula hal ini terlihat sangat sulit, ada tips yang bisa Anda ikuti. Pada dasarnya, yang perlu dilakukan adalah menyeimbangkan posisi tubuh dengan motor.

3 Tips menjaga keseimbangan ketika mengendarai motor

Apabila Anda masih belum mahir menjaga keseimbangan saat berkendara, cobalah lakukan tiga tips ini.

1. Berkendara dengan kecepatan wajar

Kebut-kebutan waktu naik motor pasti akan membuat pengendaranya semakin sulit untuk menjaga keseimbangan. Akibatnya, risiko insiden pun semakin meningkat. Oleh karena itu, ketika melihat rambu petunjuk batas maksimal kecepatan berkendara, Anda harus selalu mematuhinya. Sebab, berkendara dengan kecepatan motor yang sewajarnya, juga akan membantu Anda dalam menjaga keseimbangan.

2. Cek kondisi motor sebelum berkendara

Lho, memang apa hubungannya kondisi motor dengan kemampuan menjaga keseimbangan? Memeriksa kondisi motor sebelum berkendara tentu akan membawa ketenangan tersendiri. Selain itu, motor dengan kondisi yang fit juga pasti lebih mudah untuk dikendalikan saat Anda mengendarainya.

3. Pastikan tubuh dalam kondisi fit

Yang juga tidak boleh dilupakan adalah memastikan tubuh dalam kondisi sehat waktu naik motor. Soalnya, kondisi tubuh sanget memengaruhi performa dalam berkendara. Termasuk dalam menjaga keseimbangan dan konsentrasi di jalan.

Apa yang membuat motor bisa kehilangan kendali?

Setelah mengetahui tiga tips di atas, jangan lupa untuk memperhatikan posisi duduk, tangan, serta kaki, agar senantiasa ergonomis. Sebab ketika sudah melaju, motor pada dasarnya tidak mengenal stabilitas. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu bisa menjaga keseimbangan dan mengendalikan motor.

Kondisi-kondisi berikut ini sebaiknya Anda waspadai, karena bisa membuat motor kehilangan kendali:

  • Tidak menguasai medan jalanan yang akan dilalui
  • Kehilangan konsentrasi saat berkendara
  • Kondisi sejumlah komponen pada motor yang ternyata bermasalah, misalnya velg yang penyok, gangguan pada laher roda, maupun komstir

Pastikan Anda selalu memeriksa kondisi motor dan hanya mengendarainya saat tubuh benar-benar fit!

Referensi

https://www.astramotor.co.id/tips-kendarai-motor-kopling-dengan-aman/

https://www.gridoto.com/read/221008505/agar-tak-goyang-goyang-saat-naik-motor-perhatikan-3-hal-ini

https://www.motorplus-online.com/read/252028460/motor-tidak-stabil-dan-oleng-saat-riding-kamu-perlu-cek-komponen-ini?page=all

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Berkendara Aman

Comment

User Comment

Your comment

Load More