Lampu Motor Bikin Terang & Makin Gaya

Publikasi: 26 hari 2 jam 21 menit yang lalu

Lampu  pada kendaraan bermotor berfungsi sebagai penerang bagi pengendara yang melintas di jalur gelap terutama pada malam hari. Arah sinar lampu kendaraan dapat diatur. Selain lampu utama pada motor, dikenal pula lampu sorot  yang berfungsi untuk menambah penerangan terutama di jalanan yang minim pencahayaan. 

Lampu sorot pada motor juga memungkinkan pengendara untuk melihat di tengah jalan yang berkabut. Ujungnya, tentu tujuannya adalah keselamatan bagi seluruh pengguna jalan. Selain berfungsi sebagai pencahayaan, bentuk dan jenis lampu motor bisa lebih mendongkrak performa motor. Pemilihan lampu yang tepat akan membuat motor terlihat keren dan tetap fungsional.

Sebetulnya, ada tiga pilihan  jenis lampu untuk motor yang umum dipakai. Ini dia:

1. Xenon

Lampu jenis ini menggunakan gas xenon di dalamnya.  Biasa disebut  juga sebagai lampu HID. Kelebihan lampu xenon adalah masa usia pakainya yang lumayan lama, sekitar 3.000 jam.

Umumnya lampu ini memiliki daya sebesar 35 watt, yang mampu menghasilkan daya terang sekitar 2.800-3.000 lumen.

2. Halogen

Lampu halogen terdiri atas campuran gas nitrogen, argon, dan krypton sebagai sumber cahaya. Dengan durasi pakai dikisaran sepanjang 500 jam.

Lampu ini memiliki daya 55 watt dan mampu menghasilkan daya terang sebesar 700-2.100 lumen.

3. LED

LED adalah singkatan dari Light Emitting Diodes. Sesuai namanya, lampu inimenggunakan teknologi dioda untuk menghasilkan cahaya dan menggunakan perangkat elektronik chip semikonduktor dengan hambatan sehingga cahayanya sangat terang dan tahan lama.

Teknologi lampu LED sedang  jadi tren digunakan oleh beberapa pabrikan motor sebagai paket standar bawaan motor. Lampu jenis ini memiliki daya yang rendah, yakni sekitar 18 watt. Namun unggulan karena ramah lingkungan.

Lampu LED juga punya bentuk yang kecil, juga tahan lama. Usia pakai lampu cukup lama, antara 10.000-50.000 jam.

Nah, motor Kamu pilih jenis lampu yang mana nih?

Label : Cari Aman Tips Motor Honda Lampu Motor #hondacare Headlamp

Comment

User Comment

Your comment

Load More