Lampu Pada Motor, Beda Tempat, Beda Fungsi

Publikasi: 1 tahun 3 bulan 19 hari 16 jam 25 menit yang lalu

Lampu pada kendaraan bermotor punya fungsi  penting untuk memberikan penerangan apabila kita sedang berkendara pada malam hari. Selain itu, saat ini sepeda motor wajib selalu menyalakan lampu agar tidak kena tilang.

Banyak jenis lampu motor, mulai dari jenisnya hingga kegunaannya. Sebagai pengendara motor wajib mengetahui perbedaan tersebut, untuk membantu kita apabila lampu motor pada sepeda motor kita bermasalah. 

Beda Lampu, Beda Fungsi 

Lampu pada motor  terdapat  beberapa di beberapa bagaian lampu depan, lampu sein, lampu jauh, serta lampu speedomter. Nah, yuk kenali fungsinya:

Lampu Depan

Lampu depan atau biasa disebut dengan headlamp  punya fungsi sebagai penerangan utama ketika kita mengendarai sepeda motor. 

Headlamp ini memiliki soket tipe M4/H6 dengan 2 kaki untuk motor matic maupun bebek.

Namun ada beberapa sepeda motor bebek ataupun matic dengan 3 soket kaki seperti motor sport. Sementara itu, headlamp motor sport menggunakan tipe soket HS1/H4/H7.

Lampu Sein

Lampu sein terletak di samping kiri dan kanan dari lampu utama serta lampu rem. 

Memiliki fungsi sebagai tanda untuk pengendara lain bahwa kita ingin belok. Biasanya lampu sein untuk motor bebek, matic maupun sport ini memiliki soket tipe T10.

Lampu sein ini menjadi lampu yang sangat diperlukan karena akan membantu kita ketika ingin berbelok, selian itu lampu sein ini juga dikenal sebagai lampu model tancap, namun ada juga yang menggunakan soket bayonet kaki satu.

Lampu Rem

Lampu rem juga memiliki fungsi sebagai lampu senja yang menyala lebih terang ketika kita menekan tuas rem. Selain itu lampu ini juga memberikan info ke pengendara di belakang kalian bahwa kalian mengerem.

Lampu ini menggunakan soket yang umum digunakan mempunyai tipe bayonet kaki dua atau S25. Meski demikian, beberapa motor yang memiliki lampu rem kombinasi biasanya memakai soket tipe T10.

Lampu Jauh

Biasanya kita menggunakan lampu jauh ketika di malam hari dan biasanya saat keadaan sepi karena apabila digunakan saat keadaaan ramai maka akan mengganggu pengendara lain yang berlawanan arah dari kita. Untuk lampu jauh ini biasanya soket yang dipakai adalah mode tancap T10.

Lampu Speedometer

Terakhir, yaitu lampu speedometer atau lampu panel instrumen pada sepeda motor kita. Lampu ini biasanya menggunakan lampu soket tancap, yaitu tipe T5 dan T10.

Nah, jika  sekali waktu  lampu motor Anda mengalami masalah jangan lupa  untuk  melakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin  di bengkel AHASS terdekat, agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan  pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Tips Motor Honda Lampu Motor WahanaHonda #hondacare

Berita Terkait