Lampu Sein Bukan Cuma Tanda Untuk Belok

Publikasi: 1 bulan 27 hari 5 jam 37 menit yang lalu

Setiap pengendara maupun pengguna  jalan raya,  wajib mengetahui fungsi  dari lampu sein.  Seperti kita ketahui, hampir semua kendaraan produksi massal dibekali lampu sein yang posisinya berada di bagian depan dan belakang, di posisi kanan dan kiri.Lampu sein oleh pengendara motor umumnya digunakan sebagai tanda mau berbelok. Dan ini dipahami juga oleh setiap masyarakat  umum yang tengah berada di jalan raya.

Namun, lampu sein  sesungguhnya berfungsu bukan hanya sebatas tanda  untuk berbelok. Ada beberapa fungsi lain lampu sein yang wajib diketahui pengendara motor maupun masyarakat umum. Ini dia:

1. Tanda pindah jalur

Saat melewati jalanan yang memiliki dua jalur atau lebih, maka penting untuk menyalakan lampu sein ketika berpindah jalur. Dengan begitu, pengendara lain yang berada di jalur yang sama dari arah yang berlawanan dapat mengantisipasi, karena sudah diberikan kode lampu sein. Mereka pun bisa menurunkan kecepatan dan mengurungkan niat jika akan menyalip motor.

2. Tanda Mendahului Kendaraan Lain 

Dalam berkendara pasti ada kalanya harus bermanuver untuk mendahului atau menyalip. Contohnya seperti saat ingin mendahului sebuah mobil atau truk yang melaju lebih lambat di depan kita.

Nah agar pengemudi mobil tahu kita ingin menyalip, maka berikan tanda lampu sein. Dengan isyarat dari lampu sein tersebut, pengemudi atau pengendara yang ada di depan bisa mengerti manuver yang akan segera dilakukan.

3. Kode  Untuk Kendaraan Dari Lawan Arah

Selain dari fungsi yang disebutkan di atas, lampu sein juga berguna untuk memberikan informasi kepada kendaraan dari lawan arah. Saat ada kendaraan berlawanan arah yang hendak masuk ke jalan untuk menyalip mobil di depannya.Maka perlu memberikan isyarat lampu sein agar dia segera keluar jalur. 

Tentunya hal ini dilakukan agar tidak terjadi kecelakaan akibat tabrakan yang berasal dari arah berlawanan.

Nah, sekarang  sudah tidak bingung lagi  kan? Gunakan lampu sein  secara akurat ya.Jangan lagi…. Ulangi kesalahan, menyalakan lampu sein ke kiri, tapi beloknya malah ke kanan. 

Label : Headlamp Lampu Sein

Comment

User Comment

Your comment

Load More