Masih Ingat Gak Nih! Ini Trend Modifikasi Anak 90an Yang Sempat Booming

Publikasi: 2 bulan 12 hari 4 jam 1 menit yang lalu

Generasi 90an memang gak pernah ada matinya. Terbukti dari kreatifitas para penggila otomotif yang lahir pada era ini. Banyak trend modifikasi motor yang berhasil viral pada era ini. Walaupun gak semuanya sesuai aturan yang berlaku, tapi modifikasi motor pada era ini memang menjamur banget. Beberapa di antaranya sering kita lihat beredar di jalanan pada tahun 90 hingga 2000an. 

Nah Kamu masih ingat gak bro trend apa aja yang sempat menjamur pada era ini? Yuk kita nostalgia bareng!

1. Motor Ceper, Jok Tipis, Lengkap dengan Ban Cacing

Motor ceper adalah wajah dari tren otomotif pada tahun 90an. Biasanya pada tahun – tahun ini Honda Astrea Grand, Impressa, bahkan Honda C70 diceperin seceper cepernya oleh banyak penggunanya. Selain ceper, joknya juga ditipisin, dan semakin dilengkapi dengan ban cacingnya. Ban cacing sendiri biasanya mempunyai ukuran 200 – 215. 

Padahal secara hukum, modifikasi ini ilegal banget bro. Gak ada aman – amannya sama sekali. Tapi banyak banget yang rela motornya diginiin. Bahkan ada yang sampai nekat motong as shockbreaker depan demi motornya jadi ceper. Goks banget kan? 

Wajar aja kalau pada masa ini motor – motor pada jalan miring ketika ngelewatin polisi tidur. Kalau gak miring, mesinnya pasti kena benturan polisi tidur soalnya. 

2. Arm yang Dimajuin

Ketika motor ceper sudah hampir habis masanya, trend selanjutnya adalah arm motor yang dimajuin. Jadi roda belakangnya akan lebih maju dari posisi awalnya. Tentunya gak aman nih tren modifikasi ini. Karena handling motor akan terganggu karena ban motor belakang yang berubah posisinya.

3. Airbrush

Penggunaan airbrush pada motor dan helm sempat ngehits banget pada masanya, bahkan sempat ngehits lagi beberapa tahun terakhir. Berbagai varian motif dan warna diaplikasikan pada beberapa motor. Alhasil seni airbrush ini menjadi tren modifikasi motor yang  benar – benar dimanfaatkan oleh banyak pelaku seni di bidang otomotif.

Di berbagai kompetisi atau kontes motor, airbrush juga menjadi salah satu kategori bergengsi yang sering diperebutkan oleh banyak penggiat otomotif. Gak hanya motor aja, helm pun juga banyak yang di airbrush lho. 

4. Posh-er 

Masih ingat aksesoris posh? Ya, aksesoris ini memang sempat menjamur di tahun 2000an. Kamu yang generasi 90an pasti sering lihat beberapa motor dipasangin posh full di seluruh bagian motor. Motor ini sempat dijuluki posher.

Sayangnya tren ini gak bertahan cukup lama. Hanya beberapa tahun saja tren ini boomingnya.  Sepertinya karena memang varian aksesorisnya tidak terlalu banyak. Makanya banyak yang merasa bosan akan aksesoris motor yang satu ini.

5. Rem Angin 

Tren selanjutnya adalah salah rem yang berbunyi angin. Seolah kehilangan jati diri, motor –motor pada era rem angin sepertinya ingin menduplikasi suara rem yang ada pada truk dan kendaraan berat. 

Pada jamannya, rem angin akan Kamu temui di mana saja kamu berada. Karena hampir semua motor anak muda menggunakan fitur yang sedikit norak ini. 

Ada 2 varian dari rem angin. Yang pertama yaitu rem angin menggunakan tabung udara, dimana angin yang terdengar adalah angin asli yang tersimpan di dalam tabung tersebut. Nah, yang kedua adalah rem angin yang menggunakan modul suara. Jadi suara angin tersebut akan dihasilkan oleh speaker yang dirangkai sedemekian rupa. Saat tuas rem ditarik, maka suara pssssssst akan langsung muncul. 

Sayangnya tren ini juga gak berlangsung lama. Ketika banyak orang yang mulai menggunakan rem angin, banyak juga yang sudah bosan dan mencopot fitur nyeleneh ini. 

Nah, itu tadi 5 tren modifikasi motor yang sempat booming pada generasi 90an. Kamu sendiri pernah mengalami yang mana bro?

Label : Cari Aman Komunitas Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More