Mau Berkendara Jarak Jauh Di Malam Hari? Siapkan Dulu Hal Ini

Publikasi: 3 tahun 4 bulan 18 hari 5 jam 28 menit yang lalu

Berkendara motor di malam hari sebenarnya tidak jauh beda dengan saat hari masih siang. Satu-satunya yang membedakan adalah situasi malam yang gelap dan terkadang cenderung hening pun sepi. Akibatnya, orang-orang yang harus pulang kerja di tengah malam harus lebih berhati-hati.

Selain karena jalanan yang mungkin minim penerangan. Berkendara di malam hari juga sangat rawan terjadi tindak kejahatan. Tak sedikit para pelaku begal atau perampokan motor melancarkan aksinya saat hari sudah malam.

Maka dari itu, jika Anda sering pulang kerja malam hari perlu ekstra berhati-hati. Untuk menunjang keselamatan selama berkendara, Anda juga diwajibkan membawa beberapa perlengkapan safety riding sekaligus memperhatikan beberapa hal lain. Berikut beberapa di antaranya:

1. Periksa kondisi lampu motor

Sebelum memutuskan berkendara motor di tengah malam, pastikan Anda sudah mengecek seluruh kondisi komponen kendaraan. Salah satunya yang wajib dilakukan pengecekan adalah kondisi lampu motor.

Bagaimana pun, lampu motor menjadi salah satu sumber pencahayaan Anda selama berkendara. Terlebih jika Anda akan melewati jalan yang gelap dan minim penerangan. Jika lampu motor Anda tidak dalam kondisi prima, hal ini tentu bisa berbahaya. Bisakah Anda bayangkan berkendara di jalanan yang gelap dan sepi tanpa pencahayaan sedikit pun?

2. Gunakan jaket yang tebal dan sarung tangan

Selain harus mengenakan helm yang menjadi kewajiban bagi para pengendara motor. Anda juga harus mengenakan jaket tebal dan sarung tangan untuk mengantisipasi dinginnya udara malam. Karena seperti yang kita tahu, cuaca di malam hari biasanya jauh lebih dingin jika dibandingkan saat siang.

Jadi daripada Anda harus menggigil di tengah perjalanan. Lebih baik kenakanlah jaket saat akan mulai berkendara terlebih dahulu. Hitung-hitung untuk menghindari risiko terjadinya masuk angin.

3. Bawa alat pelindung diri di saku jaket

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, berkendara di malam hari jauh lebih berisiko menjadi korban tindak kejahatan. Maka dari itu, tak ada salahnya jika Anda ingin membawa peralatan yang dapat digunakan untuk melindungi diri. 

Perangkat seperti semprotan merica atau cabe dan alat setrum kejut bisa dijadikan opsi untuk self-defense. Bentuknya yang kecil dan mudah dibawa, membuat Anda bisa menaruhnya dalam saku jaket atau celana yang mudah dijangkau. Dengan demikian, ketika Anda menjadi korban pelaku kejahatan, Anda bisa memanfaatkan barang tersebut untuk menyelamatkan diri.

4. Pastikan bensin dalam kondisi aman

Sebelum memutuskan untuk berkendara di malam hari, Anda juga harus mengecek kondisi tangki bensin. Jangan sampai Anda baru menyadari bahwa bensin Anda nyaris habis ketika di pertengahan jalan. Beruntung jika Anda bisa menemukan SPBU terdekat. Namun jika tidak, Anda akan kerepotan sendiri nantinya.

Untuk itu memeriksa kondisi bensin menjadi salah satu yang terpenting agar motor tidak tiba-tiba mogok di tengah jalan.

Demikianlah artikel mengenai hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum berkendara di malam hari. Jangan sampai mengabaikan poin-poin di atas. Karena meski sepele, beberapa hal di atas sering menjadi masalah utama para pengendara ketika mengemudi motor di tengah malam. Tetap prioritaskan keselamatan Anda karena keluarga sudah menunggu di rumah.

Wahana Makmur Sejati Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor Tips Motor Honda

Berita Terkait