Mau Boncengin Anak Naik Motor? Ini Aturannya

Publikasi: 10 bulan 27 hari 13 jam 20 menit yang lalu

Saat ini motor semakin populer sebagai kendaraan pribadi untuk bepergian ke mana-mana. Tak jarang, anak kecil bahkan bayi pun ikut dibawa dengan motor. Sebenarnya, apakah kebiasaan ini aman bagi anak maupun pengendara?

Jangan sembarangan membonceng anak kecil. Sebab jika tidak waspada, Si Kecil bisa tertidur terlepas dari penjagaan pengandara. Oleh karena itu, ketahui waktu ketika anak sudah siap untuk dibonceng naik motor.

Ikuti panduan ini untuk boncengin anak naik motor

Yang pertama kali harus Anda ingat, jangan bawa anak naik motor di depan. Boncenglah dengan posisi anak di belakang Anda sebagai pengendara. Selanjutnya, ikutilah panduan aman berikut ini.

1. Pakaikan masker pada anak

Selain pengendara, anak sebagai penumpang juga harus memakai masker, agar terhindar dari paparan dan debu selama di jalan. Pilih masker yang memang khusus untuk anak-anak, agar pas di muka Si Kecil.

2. Pastikan anak menggunakan safety gear

Walaupun jarak tempuh berkendara cukup dekat, jangan abai atau lengah. Pakaikan perlengkapan berkendara yang aman, termasuk jaket, sepatu, dan helm standar SNI. Begitu pula dengan Anda sebagai pengendara, yang juga harus mengenakannya.

3. Tidak membonceng lebih dari satu anak

Jangan membonceng lebih dari satu anak, meski sebenarnya masih ada space di jok motor. Sebab, lebih dari satu anak yang membonceng, tentu akan menyita konsentrasi Anda sebagai pengendara. Selain itu, menjaga keseimbangan pun menjadi tantangan tersendiri. 

4. Batasi kecepatan

Batasi kecepatan berkendara Anda, tak lebih dari 40 km/jam. Selain itu, pastikan untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas di jalan. Turunkan kecepatan dan nyalakan lampu sen ketika akan berbelok atau putar balik. Hindari juga memotong dari sisi kanan untuk belok kiri.

5. Hindari hujan

Saat musim hujan seperti saat ini, sebaiknya Anda tidak membawa anak untuk berkendara naik motor. Meski Anda memakai jas hujan sekalipun, jarak pandang pun menjadi terbatas. Tingkat konsentrasi juga berkurang. Oleh karena itu, apabila di tengah perjalanan tiba-tiba hujan, menepilah hingga hujan reda, sebelum melanjutkan berkendara bersama Si Kecil.

Meski Anda yakin sudah siap membawa anak untuk berkendara naik motor, sebaiknya urungkan niat ini apabila Si Kecil belum berusia tiga tahun. Soalnya di bawah usia itu, anak belum bisa mencengkeram tubuh Anda dari belakang dengan kuat, sehingga ada risiko terjatuh.

Apabila sudah berusia tiga tahun pun, berikan ekstra perlindungan. Misalnya dengan mengikat tubuh anak dengan Anda sebagai pengendara dengan kain maupun tali pengikat khusus. 

Keselamatan anak harus tetap diutamakan, ya!

Referensi:

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/24/183200515/tips-aman-membonceng-anak-saat-naik-motor

https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/bernadine/utamakan-keselamatan-ini-tips-aman-membonceng-anak-di-sepeda-motor/2

Label : Cari Aman Safety Riding Boncengan Motor Tips Boncengan Tips Boncengan Dengan Anak Kecil Bonceng Anak

Comment

User Comment

Your comment

Load More