Mau Irit BBM & Aman Berkendara? Perhatikan Hal Ini

Publikasi: 1 tahun 4 bulan 5 hari 8 jam 47 menit yang lalu

Banyak orang paham, jenis kendaraan skutik menawaran irit bahan bakar. Namun  di samping irit, berkendara  wajib pula dijalani dengan nyaman, terutama saat menggunakan motor skutik.

Bagi para biker yang gemar melakukan touring,  perlu mengetahui tips terkait tata cara berkendara irit bahan bakar,  karena cukup efektif menghemat pengeluaran biaya saat perjalanan

Berikut tips berkendara  dengan nyaman dan tetap irit.

1.Bawa Barang Sesuai Kapasitas

Sebaiknya,  berkendara tidak  dengan membawa barang yang melebihi kapasitas (overload) daya angkut motor. 

Biasanya saat hendak touring, motor kerap dipasangi dengan touring box pada sisi kanan, kiri dan belakang body motor untuk menaruh barang tanpa mengindahkan kemampuan daya angkut motor yang berujung pada kelebih beban.

Kondisi overload, selain membuat kinerja mesin menjadi berat , bisa berimbas pada borosnya  pemakainan bensin.

 Kondisi  overload ini  juga membahayakan pengendara karena dapat menghilangkan keseimbangan motor terutama saat sedang bermanuver.

2. Motor  Selalu Prima

Wajib dipercaya, kondisi motor yang prima  bisa jadi salah satu faktor dalam menunjang keiritan berkendara. 

Karenany, sebelum  menyalakan mesin dan berkendara  di jalan raya, pastikan motor dalam kondisi baik.

Cek  juga tekanan ban. Dan ini wajib  dalam kondisi normal. Karena jika ban kurang angin, maka tarikan motor menjadi berat dan ini membuat konsumsi bensin menjadi lebih boros.

Bukan cuma itu, perawatan berkala seperti penggantian oli dan membersihkan filter udara juga perlu dilakukan untuk menjaga tarikan motor tetap optimal sehingga konsumsi bahan bakar tidak boros.

3. Kalem Berkendara 

Selain kondisi motor yang prima, hal lain yang perlu diperhatikan dalam menjaga ke iritan bensin adalah cara berkendara. 

Jika semakin agresif gaya berkendara dengan bukaan gas dan pengoperasian rem yang tidak teratur akan membuat bensin motor mejadi sangat boros.

Oleh karena itu, perlu cara berkendara yang smooth atau halus  dan kalem dalam hal pengoperasian motor. Saat membuka gas  lakukan perlahan dan  selalu jaga kecepatan  secara konstan. 

Jangan lakukan pengereman mendadak (terkecuali emergency) sehingga suplai bensin yang dialirkan ke ruang bakar menjadi lebih terukur dan irit.

4. Kenali & Teknologi & Fitur Motor

Beberapa motor  belakangan ini dilengkapi teknologi dan fitur yang cukup fungsional guna mendukung perjalanan. 

Seperti indicator pada speedometer memberitahu bahwa pengendara sedang mengoperasikan motor dalam kondisi irit bahan bakar. 

Dengan mengenali teknologi yang ada pada motor,  kami bisa memantau sejauh mana bensinmu  pada motor kamu sudah terpakai.

Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda #hondacare Irit Bahan Bakar

Berita Terkait