Mau Jual Motor? Lakukan Hal Ini Kalau Gak Pengen Harganya Turun

Publikasi: 24 hari 7 jam 47 menit yang lalu

Sepeda motor di Indonesia ini udah seperti kebutuhan primer. Tanpa adanya motor, tentunya akan sulit seseorang untuk mobile dan beraktivitas dengan maksimal. Gak heran kalau angka penjualan motor di Indonesia ini tinggi banget. Apalagi orang Indo ini sering banget gonta – ganti motor. Hal ini juga didukung oleh motor keluaran produsen jepang seperti Honda dan merek lain yang menawarkan fitur – fitur ciamik dan terbaik. Jadi gak salah kalau banyak orang ingin menukar tambah motor mereka dengan motor yang baru. 

Nah, bagi Kamu yang pengen tukar tambah motormu dengan yang baru, ada beberapa tips nih untuk membuat harga jual motormu agak tinggian. Lumayan lah, kan jadi ga nambah banyak – banyak banget. Bisa buat beli bakso juga kan ama si gebetan dipojokan depan. 

Gak banyak kok yang harus dilakukan agar nilai jual motormu gak anjlok. Nih pantengin dan lakukan tips – tips di bawah ini. 

1. Surat Lengkap

Oke, dari hal yang paling dasar nih bro! Kelengkapan surat. STNK ada? BPKB ada? Nah kalau udah ada semua, aman deh motormu. Berarti motormu ini udah 50% layak jual. Karena motormu ini udah dinilai sebagai motor yang aman dari praktek curanmor. 

Emang sih banyak oknum yang menerima motor bodong (tanpa surat). Tapi harganya bisa turun drastis bro. Daripada turun drastis kan mending dilengkapin dulu suratnya, baru dijual. Ya ga? 

Oh ya, kalau motormu masih dalam masa asuransi, maka buku asuransi wajib juga untuk disertakan ya.  

2. Pajak?

Hal kedua yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa Kamu gak lagi nunggak pajak dari motormu. Oleh karenanya, seharusnya pajak itu dibayar secara rutin. Tanpa adanya pembayaran pajak yang up to date, motormu akan turun nilainya. Bahkan bisa lebih besar daripada tunggakan pajak yang ada. 

Kamu gak perlu khawatir jika udah terlanjur nunggak pajak selama bertahun – tahun. Sisihkan duit lebih untuk menunggu momen pemutihan. Di saat itulah Kamu bisa membayarnya dengan lebih ringan. 

3. Motor Wajib Dalam Keadaan Terawat Sehat Wal Afiat

Motor yang nilainya tinggi harus selaras dengan performanya juga dong. Kalau performa motor loyo gimana mau mahal harganya. Oleh karena itu, motor wajib dalam keadaan yang sehat. 

Mulai dari deru mesin yang gak kasar, hal ini bisa mengangkat nilai motormu lho. Kalau suara mesin masih halus dan perform secara maksimal, harganya pasti tinggi.

Selain itu kualitas body yang masih oke akan menaikkan harga motormu secara drastis. Minimnya goresan dan mengkilapnya body pasti akan menjadi nilai plus bagi motormu.

Selain itu alat transmisi dari motor juga wajib dalam kondisi prima. Gear lengkap dengan rantainya wajib sehat dan terawat.

Yang terakhir adalah ban. Pastikan ban motormu gak dalam keadaan botak ya saat menjualnya.

4. Modifikasi? Balikin!

Buat Kamu yang sering modifikasi motor total, maka tugas kamu amat berat. Balikin motormu sampai kondisinya seperti sedia kala saat baru datang dari dealer. 

Memodifikasi motor memang akan membuat motor lebih personalize ke diri kita sebagai pengendara. Tapi kalau untuk urusan jual motor, motor ori adalah yang terbaik sob. Pembeli motor dari kalangan umum pasti akan nawar serendah – rendahnya untuk motor modif. 

Beda lagi sih kalau Kamu jualnya ke market yang ngerti akan modifikasi. Tapi kalau Kamu pengen jual secara umum, maka wajib hukumnya untuk sebuah motor balik ke kondisi normal sebelum di modifikasi. 

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Wms Honda

Comment

User Comment

Your comment

Load More