Mau Naik Motor Sambil Bawa Barang? Ini Caranya

Publikasi: 2 bulan 4 hari 6 jam 36 menit yang lalu

Dalam beberapa kondisi, Anda harus membawa barang yang mungkin cukup banyak ketika naik motor. Misalnya saja setelah berbelanja bulanan. Atau Anda berprofesi sebagai kurir dan barang-barang yang harus diantarkan, seakan menjadi ‘makanan’ sehari-hari?

Beberapa pengendara motor memilih membawa tumpukan barang di jok belakang. Ada pula yang lebih senang menyelipkannya di bagian depan. Sebenarnya, seperti apa cara membawa barang bawaan yang aman dengan motor?

4 Tips bawa barang di motor

Jangan sampai Anda membawa barang bawaan saat naik motor, yang ternyata malah membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain di sekitar. Demi keamanan, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Ikat barang-barang dengan benar

Apabila barang bisa diletakkan di atas jok, maka pastikan untuk mengikatnya dengan benar, agar tidak merosot di perjalanan. Setelah barang terikat, jangan langsung melaju dengan motor Anda. Cobalah dahulu menaiki motor dan menggoyang-goyangkan motor sedikit ke kiri dan kanan. Jika sudah yakin dengan keamanannya, barulah Anda bisa mulai berkendara.

2. Pastikan barang tidak menutupi lampu sen

Selain mengikatnya, jangan sampai barang-barang bawaan Anda menutupi lampu sen belakang. Sebab jika tertutup, tentu saja akan meningkatkan risiko kecelakaan. Misalnya saja Anda sudah menyalakan lampu sen untuk berbelok ke kanan, tapi karena tertutup barang, pengendara di belakang pun tidak melihatnya. Alhasil, bisa saja pengendara di belakang Anda mendahului dari kanan karena ingin menyalip, dan akhirnya malah menimbulkan tubrukan.

3. Jangan sampai lebih lebar dari setang

Ketika hendak membawa barang bawaan dengan posisi tiduran alias mendatar, pastikan lebarnya tidak melebihi setang motor. Lho memang kenapa kalau lebih lebar? Yan anti Anda sendiri yang kesulitan. Misalnya ketika ingin bermanuwer. Apalagi selama ini, lebar setang motor umum digunakan sebagai patokan space yang bisa dilalui. Tak hanya itu, jika dimensi barang bawaan lebih lebar dari setang motor, maka penglihatan melalui spion pun malah terganttu, yang juga tak kalah bahanya.

4. Tidak boleh lebih tinggi dari punggung

Masih ada lagi pantangan lain dalam membawa barang dengan motor, yaitu tingginya tidak boleh lebih tinggi dibanding punggung pengendara. Kalau barang kelewat tinggi, arus angin pun terhambat. Akibatnya, motor akan melaju secara tidak stabil.

Nah, setelah mengetahui langkah dan kriteria aman tersebut, jangan membawa barang bawaan yang malah akan membahayakan keselamatan Anda di jalan, ya!

Referensi

https://www.idntimes.com/automotive/motorbike/dwi-agustiar/5-tips-aman-membawa-barang-dengan-sepeda-motor/2

https://www.astramotor.co.id/tips-berkendara-dengan-membawa-banyak-barang/

Label : Touring Naik Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More