wanda

Menerjang Hujan Yang Datang, Ini 6 Tipe Jas Hujan Yang Kamu Harus Tau

Publikasi: 11 bulan 14 hari 5 jam 26 menit yang lalu

Ketika hujan datang menerpa, hampir semua pengemudi dan pengguna jalan terkena imbasnya. Untuk pengguna roda empat, mungkin hanya berimbas pengurangan kecepatan dan berkurangnya jarak pandang saja. Tapi bagi pengguna motor, hal ini adalah salah satu keistimewaan yang hanya dimiliki oleh bikers. Kenapa istimewa? Karena salah satu esensi dari bersepeda motor adalah dapat merasakan cipratan air hujan langsung di wajah kita. Disaat itu pula ada momen untuk bersyukur atas sejuknya air hujan setelah lama diterpa panasnya matahari.

Tapi jangan kebablasan juga bro, hujan – hujanan juga ga bagus buat kesehatanmu. Oleh karenanya diciptakanlah jas hujan supaya Kamu bisa berkendara secara lebih nyaman di bawah terpaan hujan. Yang harus Kamu ketahui adalah, sebenarnya ada beberapa tipe jas hujan yang bisa Kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu saat berkendara. Di bawah ini adalah beberapa contohnya:

1. Jas Ponco 

Ponco adalah jenis jas hujan yang lebar dan memiliki 1 lubang kepala. Biasanya di samping kiri dan kanan ada kancing untuk membuatnya lebih tertutup. Jas hujan ponco ini adalah jas hujan dengan banyak kegunaan bro, terutama buat Kamu yang sering antar jemput barang. Dengan bentuknya yang lebar, jas hujan ponco ini dapat menjawab segala kebutuhan yang Kamu perlukan di saat hujan turun.

Namun ada beberapa kekurangan yang terdapat pada jenis jas hujan yang satu ini. Kadang bentuknya yang terlalu lebar membuat ujung belakangnya menjuntai ke roda belakang tanpa kita sadari. Untuk solusinya, biasanya ujung belakang ponco kita dudukin supaya gak kemana – mana. 

Satu lagi kekurangan dari ponco adalah karena pinggirnya terbuka jika dipakai berboncengan, maka sisi samping akan dengan mudah basah karena cipratan dari samping kiri dan kanan. 

2. Jas Ponco Tandem

Jenis ponco ini sama seperti jas hujan ponco yang biasanya. Hanya saja di jas ponco tandem ini ada 2 lubang untuk kepala. Sehingga si penumpang juga bisa melihat keadaan jalan sekitar melalui lubang tersebut. 

Sayangnya karena biasanya ukurannya lebih besar, jas ini sering terselip di roda belakang. Karena walaupun didudukin, jas ponco ini masih terlalu menjuntai ke samping dan harus selalu diperhatikan ujungnya supaya tidak ke arah yang membahayakan perjalanan.

3. Overcoat

Jas hujan model overcoat adalah jas hujan yang biasa digunakan di pabrik – pabrik ketika hujan turun. Seriously, jas hujan model seperti ini biasanya sangat awet karena dibuat dengan standar pabrikan yang tinggi. Gak jarang pekerja tambang atau pabrik besar menggunakannya sebagai jas hujan saat berkendara.

Atas dasar itu, banyak produsen jas hujan yang ikut – ikutan bikin jas hujan overcoat dengan kualitas premium. Harganya lumayan mahal sih bro, tapi worth it lah.

4. Jas Hujan Training

Jas hujan ini juga bisa disebut jas hujannya para jomblo. Karena jas hujan model ini hanya memiliki 1 celana dan 1 atasan yang bisa digunakan oleh 1 orang. Biasanya mereka yang jomblo Cuma memiliki 1 jas ujan model ini di motornya. Ya iyalah, cuma ada 1 jas ujan doang, lagian mau boncengin siapa coba? Hehe.

Kekurangan dari jas hujan ini adalah karena modelnya yang menyesuaikan badan penggunanya, kadang jas hujan ini malah gak sengaja ketarik gerakan badan kita sendiri hingga sobek.

5. Jas Hujan Gamis

Model gamis ini biasanya sering digunakan wanita muslim. Biasanya dengan pakaian mereka yang panjang, mereka menggunakan jas hujan model ini supaya terhindar dari cipratan air di jalanan. Sayangnya gak banyak jenis ukuran dari jas hujan gamis ini. Jadi mereka yang badannya sedikit lebih lebar harus memilih tipe jas hujan lainnya. 

6. Jas Hujan Ekonomis 

Nah, kalau yang ini adalah jas hujan yang paling sering dibeli oleh mahasiswa dan pelajar.  Jas hujan ekonomis dengan harga mulai dari 5000an. Biasanya bahannya setipis plastik belanja, dan lebih mudah sobek. 

Secara fungsi sih oke banget jas hujan ini, karena biasanya bentuknya lumayan lebar. Hanya saja dengan bahan yang tipis, jadinya jas hujan ini ringkih banget. Tapi gak masalah juga kalaupun sobek, toh belinya juga murah. Saran saya sih Kamu paling ga harus punya jas hujan model ini 1 atau 2 biji. Karena walaupun nantinya sobek, paling ga plastiknya bisa Kamu gunakan untuk nutup barang – barang lain di motor Kamu.

Label : Cari Aman

Comment

User Comment

Your comment

Load More