Mengenal Injector Cleaner Dan Risikonya Jika Terlalu Sering Digunakan

Publikasi: 1 bulan 10 hari 10 menit yang lalu

Keberadaan injektor pada kendaraan memiliki peranan yang cukup penting, terutama dalam proses pembakaran. Ia berfungsi sebagai pengubah bahan bakar yang sebelumnya mendapatkan tekanan dari fuel pump untuk kemudian dibakar menjadi kabut atau asap. Apabila komponen ini bermasalah, risiko paling mungkin terjadi adalah kendaraan Anda akan sulit untuk dinyalakan, suara mesin kendaraan yang kasar hingga boros bahan bakar.

Maka dari itu, jika Anda memiliki kendaraan atau motor injeksi, bagian injektor merupakan salah satu yang harus rutin diperhatikan dan dirawat. Hal ini tentu untuk menghindari risiko terburuk seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi permasalahan pada komponen injektor tersebut ialah dengan menggunakan injector cleaner. Apa itu injector cleaner? Apa saja manfaat dan cara menggunakannya? Serta adakah risiko buruk yang mungkin saja terjadi? Pada artikel berikut ini, Wahana Honda akan memberikan Anda informasi lengkap mengenai injector cleaner. Simak lengkap artikelnya hingga tuntas, ya.

Apa itu Injector Cleaner?

Seperti namanya, injector cleaner merupakan alat yang digunakan untuk membersihkan komponen injektor di dalam kendaraan. Alat ini berbeda dengan carbon cleaner. Meski memiliki fungsi yang sama-sama membersihkan, namun carbon cleaner biasa digunakan untuk membersihkan kerak yang terjadi karena hasil pembakaran baik yang berada di throttle body maupun yang ada di bagian piston.

Sedangkan injector cleaner sendiri biasa digunakan untuk membersihkan lubang pada komponen injektor dari sisa-sisa pembakaran. Tak hanya itu, cairan pembersih ini juga berperan penting dalam menjaga bahan bakar sebuah kendaraan agar tetap terjaga kebersihannya. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah untuk meningkatkan performa dari mesin kendaraan lewat proses pembakaran yang lebih baik.

Manfaat Menggunakan Injector Cleaner

Dalam praktek penggunaannya, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan atau manfaat yang bisa dirasakan. Tak hanya dapat membantu meningkatkan kinerja mesin serta efisiensi proses pembakaran dalam kendaraan. Penggunaan cairan cleaner ini juga efektif untuk mengatasi saluran injektor yang tersumbat, membersihkan komponen katup, kepala piston hingga ruang pembakaran serta juga dapat digunakan untuk memperbaiki pola semprotan dari injektor.

Nah, jika Anda mendambakan kinerja mesin yang bersih dan optimal serta tidak menimbulkan suara kasar saat dikendarai. Tentu harus secara rutin melakukan perawatan pada komponen injektor dan juga menggunakan injector cleaner sebagai salah satu upaya merawatnya.

Cara Menggunakan Injector Cleaner

Pada dasarnya untuk menggunakan cairan injector cleaner ini cukuplah mudah selama Anda memiliki alat-alat yang dibutuhkan. Yang perlu Anda lakukan ialah memasang cairan injector cleaner tersebut ke alat pembersih yang biasa digunakan pada bengkel untuk kemudian disalurkan ke konektor saluran bensin. Selanjutnya, Anda hanya perlu menyalakan mesinnya dan secara otomatis alat tersebut akan membersihkan bagian komponen injektor.

Risiko Menggunakan Injector Cleaner Terlalu Sering

Namun perlu diketahui juga bahwa penggunaan injector cleaner ini tidak boleh dilakukan terlalu sering. Karena jika berlebihan justru akan memberikan dampak yang sebaliknya. Seperti mesin kendaraan yang justru akan menjadi lebih loyo serta susah dinyalakan atau bahkan mati secara tiba-tiba. 

Tak hanya itu, terdapat begitu banyak cairan injector cleaner yang dijual di pasaran. Mulai dari yang bermerek terkenal sampai yang abal-abal sekali pun. Masing-masing dari mereka memiliki rentang harganya tersendiri.

Namun biasanya, injector cleaner yang dibandrol dengan harga murah cenderung memiliki kandungan zat kimia berupa acetone yang dapat merusak kondisi logam pada kendaraan. Tentu jika penggunaan cairan ini dilakukan secara rutin atau terus menerus, mesin kendaraan Anda justru malah akan mengalami kerusakan.

Nah, itulah tadi sekilas informasi mengenai injector cleaner yang perlu Anda ketahui mulai dari definisi, manfaat, cara penggunaan hingga risiko yang ditawarkan. 

Pada dasarnya, jika Anda menggunakan produk dari brand yang terpercaya serta melakukan perawatan secara rutin dan tidak berlebihan, penggunaan injector cleaner ini akan sangat efektif dan baik untuk mengoptimalkan kinerja mesin. Namun jika Anda menggunakan produk dari brand abal-abal karena tergiur dengan harga murah, maka Anda perlu berhati-hati. Alih-alih membuat mesin Anda bekerja lebih baik, cairan tersebut justru bersifat destruktif dan akan merusak komponen penting pada mesin kendaraan. Semoga bermanfaat!

Label : Wahana Makmur Sejati Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Wahanahonda Injector Cleaner

Comment

User Comment

Your comment

Load More