Mengenal Pengertian Spakbor

Publikasi: 1 tahun 1 bulan 25 hari 12 jam 2 menit yang lalu

Spakbor motor  terletak di bagian depan dan belakang motor yang berfungsi sebagai   pelindung  bagi pengendara maupun penumpang agar tidak terkena cipratan air.

Selain itu spakbor  atau disebit juga engan fender bisa menambahkan keren pada kendaraan. Tanpa spakbor, motor tidak akan terlihat bagus karena terasa sangat monoton.

spakbor  didesiaun mengikuti badan kendaraan dan tampilan motornya.

Ini sengaja dibuat agar pemilik kendaraan tidak memasang spakbor asal-asalan, karena tentu motor tidak akan menarik lagi untuk dilihat. 

Sayangnya, saat ini sering kali pemiliki kendaraan kerap melepas spakbor dan memasang spakbor tidk sesuai speksifikasi motor. 

Fungsi Spakbor Pada Motor

Melindungi Pengendara dan Penumpang Dari Cipratan Air

Fungsi spakbor kolong yang pertama adalah untuk melindungi Anda dari cipratan air. Tentu biasanya jika sehabis hujan akan terdapat genangan di tengah jalan dan Anda tidak ingin terkena cipratan yang bisa membuat pakaian kotor bukan? 

Dalam kondisi ini, ketika motor melewati sebuah genangan air, maka spakbor adalah menghalangi cipratan baik yang berasal dari roda belakang atau depan. Bentuk dari spakbor ini juga bervariasi, yakni ada yang seperti kuping gajah, belalai maupun berbentuk kecil. 

Bayangkan jika tidak ada spakbor. Tentu motor akan kotor dipenuhi cipratan bekas air hujan. Ini juga bisa mengenai pengendara lain yang dekat dengan Anda. Untuk menjaga fungsi ini, yang tidak kalah penting adalah jangan sampai memotong ukuran spakbor karena bisa menghilangkan fungsinya.

Bikin Tambah Cakep Tampilan Motor 

Fungsi spakbor berikutnya adalah membuat pemiliknya semakin percaya diri saat berkendara. Desain spakbor yang sangat apik, elegan dan sporty, sehingga mampu menambah nilai estetika pada motor. Tapi jangan jadikan hal ini alasan untuk memasang spakbor sesuai keinginan. 

Alangkah baiknya biarkan spakbor berada di posisi seperti pertama kali dibeli. Bukankah, produsen sudah memikirkan matang-matang bagaimana spakbor dapat terpasang dengan tepat di motor tersebut dan sekaligus bisa berfungsi dengan baik. 

Bikin Aman dan Nyaman

Fungsi lain dari spakbor adalah untuk menambah keamanan dan kenyaman dari pengendara. 

Jadi pihak produsen telah memikirkan mengapa desain spakbor harus mengikuti badan motor. 

Sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2012 Pasal 40 bahwa spakbor merupakan komponen yang wajib terpasang di setiap kendaraan baik motor maupun mobil. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh menganggap remeh dengan melepas dan memasang spakbor. 

Agar Aman dari Tilangan Polisi

Fungsi pemasangan spakbor yang lain adalah agar Anda terhindar dari tilangan polisi. Hal ini sebagaimana telah dijelaskan dalam peraturan pemerintah di atas, maka hal itu harus dipatuhi. Apabila Anda melakukan pelanggaran dengan tidak menggunakan spakbor, maka bisa ditilang polisi.

Pihak kepolisian akan meminta Anda untuk membayar denda sebesar Rp 250.000. Atau yang paling parah adalah Anda akan dimasukkan ke dalam penjara paling lama 1 bulan. Sebenarnya hal ini juga berlaku untuk komponen lainnya seperti helm, surat-surat kendaraan, dan kelengkapan lain.

Mencegah Kotoran Merusak Komponen Lain

Spakbor  kolong  juga berfungsi melindungi komponen lain di dalam motor seperti mesin agar tidak terkena kotoran atau debu. 

Jika di dalam mesin terdapat tumpukan debu maka hal tersebut akan mengganggu kinerjanya dan motor tidak bisa  berfungsi dengan baik.

Selain mesin, komponen yang juga dilindungi oleh spakbor adalah bagian injeksi. Injeksi ini berfungsi sebagai penghasil pembakaran agar motor bisa digunakan. Jika bagian injeksi ini terkena debu dan tidak segera diatasi, maka proses pembakaran akan terhambat.

Nah,jika ada masalah pada spakbor dan  tidak bisa  ditangani sendiri, sebaiknya langsung lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS terdekat, agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Cari Aman Tips Merawat Motor Tips Motor Honda #hondacare Spakbor Spakbor Motor

Berita Terkait