Menjaga Ban Motor Lebih Awet, Simak Trik Ini!

Publikasi: 19 hari 3 jam 29 menit yang lalu

Sebagai pengguna motor, dipastikan Anda  sudah mengetahui bahwa ban adalah salah satu komponen penting pada kendaraan roda dua. Karena keberadaannya ini akan mempengaruhi keamanan serta kenyamanan kita selama berkendara.

Setiap ban memang memiliki durasi pakai yang tak bisa dihindari. Namun menjaga keawetan ban, sebuah persoalan tersendiri. Dan ada beberapa cara mudah, yang bisa membuat ban bertahan lebih lama dan awet dipakai.

Lantas apa langkah yang tepat?

Hindari Bawa Beban 

Hindari membawa beban yang melebihi kapasitas motor  Karena ini akan menyebabkan ban kendaraan menjadi cepat pecah secara perlahan. Selain itu ketika sedang mengemudi, sebaiknya hindari pula jalanan yang berlubang serta hentikan kendaraan secara tiba-tiba.

Nah, supaya ban tidak mudah mengalami sobek, sebaiknya hindari ban dari bahan berminyak seperti bensin. Pasalnya cairan berminyak ini justru bisa merusak elastisitas ban, sehingga lebih rentan terhadap sobekan dan pecah.

Rajin Membersihkan Ban

Motor pasti akan selalu kotor bila kita gunakan secara terus-menerus, apalagi saat musim penghujan. Biasanya motor yang melewati jalanan berbatu dan berkerikil, maka kerikil-kerikil tersebut akan ikut terbawa ke ban motor.

Biasanya kerikil yang terselip di sela-sela ruas ban ini  dianggap sepele, namun bisa membahayakan.Karena ternyata kerikil-kerikil kecil yang menyelip pada bagian celah ban bisa menjadi penyebab ban bocor.

Apabila dibiarkan terus-menerus, kotoran dari kerikil itu alan tertanam lama pada ban hingga membuat ban menjadi cepat rusak. Oleh karena itu, apabila kondisi ban motor sudah kotor, segera bersihkanSehingga dengan demikian ban akan lebih awet dan terhindar dari kebocoran akibat kerikil yang ikut terbawa oleh ban tersebut.

Selalu Menjaga Tekanan Angin

Menjaga tekanan angin dalam ban kendaraan termasuk bisa membuat awet band. Seperti yang kita ketahui, bahwa sebenarnya tekanan angin pada ban sangat berpengaruh pada usia ban, tak terkecuali motor.

Jika tekanan angin tidak sesuai standar, akan menimbulkan sejumlah kerusakan. Jika ban sudah mengalami aus, maka Anda band wajib segera  diganti dengan yang baru. Sedangkan untuk mengisi angin pada ban motor, sebaiknya gunakan nitrogen daripada dengan angin biasa pada umumnya. karena nitrogen jauh lebih stabil serta tidak mudah memuai daripada angin biasa.

Bahkan saat sedang kita gunakan di jalanan beraspal yang panas, tidak akan menimbulkan masalah serius.Berbeda lagi dengan angin biasa yang lebih cepat memuai, justru hal ini bisa menyebabkan ban meletus apabila kita gunakan pada jalanan beraspal panas.

Cara ban motor tetap awet bisa dilakukan juga  dengan menghindari pengereman secara mendadak.

Dengan beberapa tips tadi, semoga Anda menjadi lebih paham bagaimana proses perawatan ban yang benar dan tepat.  Selamat berkendara. Jaga jarak aman. Dan tetap hati-hati.

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Wahanahonda Ban Motor #hondacare

Comment

User Comment

Your comment

Load More