Merawat Knalpot Motor

Publikasi: 10 bulan 11 hari 1 jam 38 menit yang lalu

Seluruh komponen pada motor, wajib dirawat apalagi di bagian knalpot. Jika bagian ini tidak diperhatikan dan dirawat dengan baik, akibatnya akan membuat pembakaran menjadi tidak maksimal, sehingga penggunaan bahan bakar serta tenaga motor juga merembet tidak maksimal. 

Lantas, bagaimana cara merawat knalpot motor? Simak  berikut ini ya :

Cuci Setelah Kena Hujan

Pastikan, setiakali habis hujan, langsung dibersihkan. Air hujan yang mengering pada motor bisa menyebabkan kerak pada knalpot. Karena kandungan asam yang terdapat pada air hujan cukup tinggi karena polusi udara.

Jadi pastikan  selalu membersihkan knalpot setelah  motor disiram hujan. Knalpot yang tidak rajin dibersihkan akan menimbulkan kerak, dan kerak ini semakin lama akan semakin tebal yang menyebabkan knalpot menjadi berkarat. 

Ini bisa dicegah dengan menyiram knalpot setelah terkena genangan atau air hujan dengan air bersih. Perawatan yang lebih maksimal pada knalpot motor setelah terkena air hujan bisa dilakukan dengan menyiram knalpot dengan air bersih kemudian mengeringkannya. Setelah itu, semprtkan cairan anti karat untuk mencegah timbulnya karat.

Jika pada knalpot terdapat kerak yang tebal maka Anda bisa membersihkannya dengan cara menyikat knalpot tersebut. Pastikan knalpot sudah dalam keadaan dingin jika Anda ingin menyikatnya, untuk menghindari tangan melepuh terkena knalpot panas.

Selalu Panaskan Mesin Secukupnya

Metode perawatan knalpot selanjutnya adalah biasakan memanaskan mesin secukupnya. Memanaskan mesin motor bisa membuat motor tersebut terjaga dan dalam kondisi yang optimal.

Cara ini cukup efektif jika digunakan pada motor 4 tak yang knalpotnya tidak akan cepat menguning atau berkarat karena terpapar panas dari mesin. Penyebabnya pemanasan motor dalam waktu yang cukup lama bisa memberikan pengaruh buruk pada motor.

Beberapa hasil uji coba menunjukan semakin lama waktu yang digunakan untuk memanaskan motor, akan menyebabkan warna knalpot jadi kuning. Ini bisa  diantisipasi dengan memanaskan mesin secukupnya..

Kenali Bahan Knalpot

tentu saja berbeda-beda. Ada yang terbuat dari bahan chrome dan gampang tergores.  Cara membersihkan knalpot  dari bahan ini ini bisa dilakukan dengan lembut agar tidak menggores.

Apabila pada knalpot berbahan chrome  ini terdapat noda membandel, bersihkan dengan menggunakan oli bekas yang masih baik, agar hasilnya bisa maksimal.

Bersihkan Lubang Buang

Cara membersihkan knalpot motor yang selanjutnya bisa dilakukan dengan membersihkan lubang buang pada silencer. Gunakan oli dan oleskan secukupnya. Cara ini bisa dilakukan secara berkala setiap dua bulan sekali. 

Pembersihan lubang buang bisa mencegah knalpot mengalami kebocoran dan menjadi keropos pada bagian silencer maupun leher knalpot yang dekat dengan bagian tersebut.

Kebocoran knalpot bisa menyebabkan timbul suara buruk, motor tidak bertenaga, dan dampak lainnya adalah tidak ramah lingkungan. 

Oleskan Oli pada Leher Knalpot

Oleskan oli bersih  secara merata. Langkah ini bisa Anda lakukan jika bagian pipa knalpot telah dibersihkan.

Jika selesai mengoleskan oli pada leher knalpot, hidupkan mesin selama dua menit. Oli tersebut akan terserap dan leher knalpot akan menjadi lebih bersih, dengan mengelupasnya oli yang dipanaskan tersebut. Lakukan secar rutin

Membersihkan Korosi

Korosi bisa terjadi pada knalpot, dan jika hal tersebut terjadi maka knalpot harus segera dibersihkan. 

Cara membersihkannya cukup mudah.  Bersihkan dengan sikat gigi yang diolesi detergen. Sikat  pada bagian yang berkarat atau bagian yang kotor. Kemudian bilas dengan air. Jika noda membandel, gunakan sikat kawat untuk mempermudah membersihkannya.

Pakai Porstex

Jika membersihkan kotoran pada knalpot dengan menggunakan sikat serta detergen tidak efektif, bisa gunakan cairan porstex.

Membersihkan knalpot dengan cairan ini memang sangat mudah dan efektif, namun Anda harus tetap berhati-hati. Penyebabnya, cairan ini bisa membuat warna blok mesin yang terkena cairan akan langsung luntur.

Jika langkah-langkah di atas,  tidak juga membantu knalpot lebih bersih, ada baiknya lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin  di bengkel AHASS terdekat, agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya manfaatkan  pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service. 

Cari Aman Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Knalpot Motor Merawat Knalpot Motor

Berita Terkait

Jangan Biarkan Velg Motor Penyok

26 Februari 2024 - administrator

Ada 2 Jenis Oli Pada Motor Matic, Apa Saja?

19 Februari 2024 - administrator

Awas, Ini Dampak Jarang Ganti Oli Gardan

19 Februari 2024 - administrator