Meski Bikin Lampu Motor Tambah Terang, Cara Ini Haram Hukumnya

Publikasi: 2 tahun 10 bulan 1 hari 3 jam 35 menit yang lalu

Selalu ada trik ‘sulap’ untuk membuat lampu motor lebih terang. Trik ini sebenarnya tidak disarankan, karena tidak disarankan pabrikan. Beberapa di antaranya adalah mengganti lampu motor dengan spek yang lebih tinggi, serta menggunakan dioda pada fitting lampu.

Jika memilih lampu dengan spek di atas bawaan pabrikan bisa boros daya listrik atau malah membuat lampu meredup, pemakaian dioda di fitting lampu juga membawa dampak negatif. Apa saja dampak negatifnya yang penting untuk Anda ketahui?

Dampak negatif pemasangan dioda pada dudukan lampu

Jika Anda teringat dengan praktikum semasa sekolah dulu, pemasangan dioda pada fitting atau dudukan alias soket memang bisa membuat lampu berpendar semakin terang. Begitu pula kalau car aini diterapkan pada headlamp motor.

Tapi, ada tapinya. Jangan keburu penasaran dan mencobanya. Soalnya, ada dampak negatif yang muncul jika Anda memasang dioda pada fitting lampu, dengan harapan membuatnya semakin terang. Ini dia dampak negatifnya.

1. Memicu korsleting

Kehadiran dioda pada fitting lampu seakan-akan memanipulasi fungsi saklar. Maksudnya, saat Anda menyalakan lampu jauh, maka lampu dekat pun ikut menyala. Jadi kesannya, lampu menyala lebih terang. Kemungkinan lainnya, lampu dekat malah bisa mati ketika lampu jauh dinyalakan.

Nah, jadi kalau pemasangannya kurang pas, lampu dekat dan lampu jauh jadi bisa ‘terbalik’. Kondisi ini pun berisiko memicu korsleting dan membuat soket terbakar.

2. Memperpendek usia bohlam

Dampak negatif lain dari penggunaan dioda di fitting lampu adalah membuat usia bohlam jadi pendek. Meski lampu motor kesayangan Anda seakan-akan jadi lebih terang, bohlam sebenarnya jadi lebih gampang putus.

Langkah yang disarankan untuk membuat lampu motor lebih terang

Jadi, pemakaian dioda pada fitting lampu motor itu haram hukumnya. Apabila ingin membuat lampu lebih terang, Anda bisa mencoba memakai bohlam LED atau bohlam aftermarket. Yang lebih aman lagi, gunakan bohlam lampu sesuai spek bawaan pabrik.

Lakukan juga hal-hal ini ketika ingin mengganti lampu motor.

• Perhatikan arus kelistrikan

• Jangan asal beli lampu

• Pastikan soket lampu sesuai

Setelah tahu risiko pemakaian dioda pada fitting lamp, jangan coba-coba trik yang berdampak negatif tersebut ya! Sebaliknya, lakukanlah rekomendasi yang disarankan.

Referensi

https://www.gridoto.com/read/222732423/bikin-lampu-motor-lebih-terang-ini-efek-negatif-pakai-dioda-di-fitting-lampu?page=all

https://www.idntimes.com/automotive/motorbike/yohanes-nugroho/mau-ganti-lampu-motor-biar-lebih-terang-ketahui-tips-berikut/3

Tips Motor Honda Lampu Motor Tips Motor

Berita Terkait