Minuman Bersoda Bisa Bersihkan Karat Di Motor ?

Publikasi: 9 bulan 22 hari 22 jam 7 menit yang lalu

Pernah membaca-baca atau melihat video yang menyebut minuman bersoda bisa membersihkan karat di motor? Ternyata, minuman bersoda memang ampuh lho, untuk mengangkat karat membandel pada berbagai komponen motor.

Nah, apabila Anda sering mengendarai motor kesayangan ketika hujan, ataupun melewati jalanan berlubang yang kerap tergenang, tak ada salahnya mencoba trik yang satu ini. Nah, supaya berhasil, ikuti langkah-langkah berikut ini, ya!

Langkah mudah bersihkan karat dengan minuman bersoda

Siapkan sikat, air bersih, sabun, dan minuman bersoda. Selanjutnya, tinggal lakukan tahapan di bawah ini.

  • Bersihkan komponen yang berkarat menggunakan sabun air bersih, lalu keringkan.
  • Siram bagian tersebut dengan minuman bersoda sambil menyikatnya.
  • Lakukan secara berulang sampai lapisan karat hilang.
  • Bersihkan lagi dengan sabun dan air.

Untuk hasil maksimal, lapisi bagian yang telah bersih dari karat tadi dengan pernis. Sebab biasanya, kalau sudah pernah berkarat, ada risiko komponen tersebut akan berkarat lagi, meski telah dibersihkan.

Cara lain membersihkan karat pada motor

Selain memanfaatkan minuman bersoda, masih ada sederet cara lain yang juga bisa Anda coba untuk membersihkan karat pada motor. Apa saja?

1. Gunakan oli bekas

Saat ganti oli, jangan langsung buang oli bekasnya, ya. Cobalah untuk mengoleskan oli bekas ke bagian motor yang berkarat. Lalu, gosok sampai bersih. Anda dapat melakukannya untuk menghilangkan karat di knalpot bagian dalam. 

2. Pakai pembersih keramik

Ternyata, pembersih keramik juga bisa dipakai untuk mengangkat lapisan karat pada motor. Caranya, oleskan cairan tersebut pada komponen yang berkarat. Tunggu hingga karat rontok, lalu sikat hingga bersih. Yang penting untuk diingat, gunakan sarung tangan ketika melakukannya. Sebab, cairan pembersih keramik biasanya mengandung bahan berbahaya bagi kulit.

3. Coba dengan gemuk

Anda bisa menggunakan gemuk untuk membersihkan karat pada beberapa bagian motor. Caranya juga dengan mengoleskannya pada bagian yang berkarat. Namun, gemuk sebaiknya tidak dipakai pada rantai. Soalnya, gemuk sangat lengket dan mudah terkena kotoran.

Sekarang setelah mengetahui cara membersihkan karat pada motor dengan minuman bersoda dan bahan lainnya yang gampang dicari, mana yang akan Anda coba pertama kali?

Referensi

https://www.qoala.app/id/blog/gaya-hidup/otomotif/cara-menghilangkan-karat-pada-besi-motor/

https://www.gridoto.com/read/221269906/cuma-modal-air-soda-bisa-hilangkan-karat-di-komponen-motor

Label : Cari Aman Tips Merawat Motor Tips Motor Honda

Comment

User Comment

Your comment

Load More