Mitos Atau Fakta : Ban Belakang Cepat Botak

Publikasi: 1 tahun 11 bulan 5 hari 7 jam 52 menit yang lalu

Ban merupakan salah satu komponen penting pada motor yang menunjang kenyamanan saat berkendara. Jadi,  sebagai pengendara wajib selalu memperhatikan kondisi ban motor agar bisa tetap nyaman saat berkendara. 

Motor yang memiliki intensitas penggunaan lebih sering akan membuat komponen ban motor bekerja lebih keras dibandingkan motor yang jarang dipakai. 

Banyak yang menyebut, ban belakang motor sering lebih cepat  halus dan botak daripada ban depan. Ini sebetulnya mitos atau fakta?

Mari kita check…. Memang ada beberapa alasan mengapa ban belakang lebih cepat  gundul dan botak. 

Rem Belakang Lebih Sering Digunakan

Sudah jadi  rahasia umum, pengendara motor punya kebiasaan atau lebih suka menggunakan rem belakang. Dalam hal ini, penggunaan rem belakang membuat ban belakang menahan gerak dari sebuah motor sendiri, dan apabila terlalu sering dilakukan akan berdampak pada kondisi ban belakang yang cepat terkikis dan gundul.

Beban Boncengan Lebih Berat 

Salah satu penyebab ban belakang lebih cepat gundul adalah karena beban bertumpu  pada ban belakang lebih besar dari ban depan. 

Ini disebabkan karena pada umumnya sepeda motor lebih condong ke arah belakang, sehingga membuat beban lebih besar bagi ban belakang dan membuatnya cepat terkikis. Alasan ini masih ditambah karena pengendara sering membawa barang atau membonceng teman. Otomatis beban ban belakang semakin besar.

Ban Belakang Lebih Dulu Berputar 

Fungsi ban belakang adalah sebagai penggerak. Ini berbeda dengan ban depan yang berguna sebagai pengendali arah. 

Dalam kondisi motor menyala, dan gas motor ditarik, mesin akan bekerja dan memutar rantai atau v-belt yang terhubung dengan ban belakang. Otomatis ban belakang akan berputar terlebih dahulu dari ban depan. 

Faktor Mesin Panas 

Posisi ban belakang lebih dekat dengan mesin dan knalpot pada motor yang memiliki suhu panas. Suhu panas tersebut membuat ban memuai karena bahannya yang berasal dari karet. 

Ini pula  yang menjadikan kondisi ban belakang motor lebih cepat halus dan botak. 

Cari Aman Safety Riding Ban Motor Mitos Atau Fakta

Berita Terkait