Wahana Honda

Modifikasi Brat Style Yang Mendunia

Publikasi: 4 bulan 2 hari 11 jam 4 menit yang lalu

Bagi pencinta otomotif khususnya sepeda motor, modifikasi merupakan kelaziman yang siapa saja rasanya sah-sah saja untuk melakukannya. Modifikasi sepeda motor rupanya sudah menjadi budaya yang cukup kental di kalangan anak muda pencinta otomotif.

Berbagai gaya modifikasi muncul dengan berbagai keunikan. Jelas saja karena modifikasi ini sebenarnya merupakan ekspresi diri dari jiwa seseorang yang dituangkan melalui gubahan-gubahan pada tunggangan kesayangannya.


Sejarah Singkat Modifikasi Brat Style

Ada banyak jenis modifikasi yang sangat dikenal oleh para pencinta otomotif, salah satunya adalah gaya Brat Style. Jenis modifikasi ini merupakan kembangan dari gaya motor balap klasik yang kemudian dipadukan dengan sentuhan khas pada bagian stang dan kaki-kakinya.

Modifikasi gaya Brat Style ini diperkenalkan pada tahun 1998 oleh builder (sebutan bagi modifikator) asal jepang yang bernama Go Takamine. Berbekal ide kreatif yang ia kembangkan dari bengkel pribadinya, Takamine menuangkan seluruh inspirasinya ke dalam motor yang ia gubang sedemikian rupa.

Kala itu sudah muncul banyak gaya modifikasi yang lebih populer. Namun untuk membedakan hasil karyanya, Takanime bersikukuh memamerkan hasil gubahannya dengan memberikan ciri khas tulisan “Brat Style” pada tangki motor ciptaannya.


Ciri Brat Style

Ciri yang bisa diientifikasi dari modifikasi Brat style adalah garis jok yang sejajar dengan garis dasar tangka serta pada ujung jok tidak ada perubahan bentuk alias hanya flat saja. Posisi stangnya yang rendah membuat pengendara menjadi sedikit membungkuk. Ban yang digunakan antara depan dan belakang menggunakan ring ukuran sama, tapi ban belakang lebih tebal. Suspensi belakang menggunakan twin –shock sehingga jok belakang tetap pada posisi datar.

Untuk bahan dasar motor yang dimodifikasi gaya brat style ini adalah motor dengan jenis mesin tegak. Namun, untuk motor yang paling cocok untuk dimodifikasi jenis ini adalah motor racing klasik seperti Honda CB 200, model motor triumph, dan Yamaha Xs 650. Namun, jika kamu mempunyai motor baru dengan fairing jangan cemas. Modifikasi gaya brat style tetap dapat dilakukan, hanya saja memakan waktu dan kesulitan pengerjaan yang lebih lama.


Kepopuleran Brat Style

Pada awal perkenalan Brat Style ke masyarakat umum, hasil karya Takanime ini sukses mendapat perhatian. Brat Style yang awalnya hanya merupakan produk modifikasi dari Go Takanime perlahan mulai ditiru oleh banyak builder dengan menambahkan sentuhan masing–masing.

Tidak hanya berhenti di situ, Brat Style lambat laun telah menjadi aliran modifikasi baru yang sudah merambah gaya modifikasi di seluruh dunia tidak terkecuali di Indonesia. Kesuksesan Brat Style hingga sekarang ini tidak lepas dari keikut sertaan Takanime dalam komprtisi modifikasi yang ia ikuti.

Diberitakan oleh salah satu majalah custom Amerika bahwa Brat Style ini merupakan kesuksesan terbesar modifikasi yang tidak hanya menang kontes, tapi berkat kepopulerannya Brat Style telah mampu menjelma menjadi ideologi baru dalam dunia modifikasi otomotif dunia.

Kini, Brat Style tidak hanya dimiliki oleh Tokyo dan Jepang saja. Seluruh dunia juga sudah merasakan modifikasi sentuhan ala FTakanime. Kabar terbaru, bengkel Takanime juga sudah membuka cabangnya di California, Amerika.

Menelisik alasan orang-orang rela mengelurakan uangnya untuk modifikasi motor yaitu karena ideologi. Beberapa orang merasa cara yang paling tepat menyampaikan ekspresi jiwanya dengan memodifikasi motor kesayangan karena bagi mereka, sepeda motor merupakan fashion statement atas diri mereka.

Label : Sport

Comment

Your comment
Load More