Motor Matic Kerap Berbunyi “Gredek-gredek,” Ini Penyebab Dan Solusinya

Publikasi: 4 tahun 1 bulan 2 hari 1 jam 51 menit yang lalu

Walaupun tidak semua, namun ada banyak juga pastinya para pengguna motor matic yang mengalami hal satu ini, yaitu bunyi kasar, gredek-gredek, atau seperti bunyi kopling pada mesin yang tidak pas. Mayoritas bunyi tersebut terdengar ketika pengguna motor matic menekan gas dari posisi pelan ke kencang.

Memang ada kalanya seseorang akan membiarkan bunyi tersebut karena memang hanya akan terdengar di awal-awal saja dan seterusnya tidak lagi terdengar, namun ada pula yang merasa kurang nyaman karena terkesan seperti mesin ada yang rusak.

Untuk itu perlu bagi Anda untuk mengetahui penyebab dari bunyi tersebut dan solusi untuk mengatasinya.

Penyebab

Ketika Anda memutuskan untuk membawa motor matic yang berbunyi gredek-gredek tersebut, maka jangan langsung memvonis bahwa penyebab timbulnya bunyi tersebut adalah pada satu bagian saja karena sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

Penyebab pertama adalah karena terdapatnya kotoran pada CVT atau Continuously Variable Transmission yang ada di dalam motor. Kotoran tersebut muncul karena disebabkan banyak hal, mulai dari lingkungan sekitar seperti debu atau lumpur atau juga karena kampas gandanya yang bermasalah. 

Penyebab kedua adalah terletak pada rubber clutch damper atau karet penahan kampas ganda yang sudah mengeras. Dengan mengerasnya karet tersebut, maka kampas ganda menjadi goyang karena tidak ada penyangganya. Dan karena kampas ganda goyang, maka akan terjadi benturan atau gesekan dengan mangkuk tempat koling berada.

Penyebab ketiga adalah grease atau gemuk pada pulley bocor, sudah mengeras atau sudah menipis. Dengan keadaan seperti itu, maka kampas ganda akan mudah bergoyang. Penyebab keempat adalah terjadi kerusahan pada roller weight atau roller CVT serta fan belt yang sudah mulai aus.

Solusi

Jadi solusi paling sederhana adalah melakukan servis di tempat servis atau dealer motor matic terdekat. Namun apabila ingin memperbaiki sendiri, maka pertama-tama yang dapat Anda lakukan adalah dengan membersihkan mangkuk yang menjadi rumah kopling. Setelah itu, Anda juga dapat membersihkan kotoran yang ada di fan belt serta di rollernya.

Langkah selanjutnya adalah Anda harus memeriksa keras tidaknya per pengikat kampas kopling ganda. Namun apabila setelah membersihkan bagian-bagian tersebut dan motor matic masih berbunyi gredek-gredek, maka tidak ada cara lain, Anda harus menggantinya dengan perangkat yang dijual di bengkel resminya.

Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda

Berita Terkait