Motor Mogok Kena Banjir? Ini Solusinya!

Publikasi: 5 bulan 6 hari 14 jam 7 menit yang lalu

Musim hujan datang lagi bro! Wah pastikan kamu gak melewati jalanan yang sering banjir ya. Apalagi umumnya di awal mesin hujan pasti sebagian besar saluran air akan buntu karena jarang dibersihin saat lagi kemarau. Alhasil si banjir datang membawa cerita di awal musim penghujan. Disini nih momen sedih datang, ketika kita sebagai pemotor kadang harus rela dorong motor ampe ujung jalan karena mogok, hiks.

Tapi tenang, jangan panik karena motormu mogok di tengah hujan dan banjir. Ada solusi yang bisa kamu terapkan saat motormu mogok. Setidaknya hal ini akan meringankan bebanmu saat banjir. Karena kasihan aja kalau kamu dorong motormu di tengah hujan. Kalau kamu sakit gimana? Udah jomblo, masuk angin. Kan sedih akutuh jadinya.

1. Stay Cool, Tenang dan Jangan Panik

Segala sesuatunya jika kamu kerjakan sambil panic pasti akan tambah gak karu – karuan. Jadi di poin pertama ini kamu harus menenangkan diri terlebih dahulu. Tarik nafas dalam – dalam, lalu jangan lupa juga buat dihembuskan. Setelah keadaan diri kamu lebih tenang, kamu bisa mulai menganalisa keadaan motormu bro. Tapi jangan lupa untuk posisikan motormu seaman mungkin ya. Pilih tempat yang agak longgar dan gak mengganggu jalan raya.

2. Cek Busi dan Keringkan

Nah analisa pertama jika motor mogok pastilah ada di bagian busi. Copotin deh busi motormu. BTW kamu punya kunci businya kan? Harusnya kunci busi akan selalu tersedia di jok motor kamu. 

Seketika kamu udah buka businya, keringkan dan coba kamu gunakan kick starter tanpa busi menancap pada motor. Lakukan beberapa kali dan setelah itu pasang kembali busi yang sudah dipastikan kering pada motormu. Coba nyalain, kalau berhasil nyala kamu bisa langsung baca step nomor 5 dari artikel ini.

3. Filter Karburator Oke Gak Tuh?

Saringan udara ini juga gak boleh kerembesan air nih brader. Pastikan kamu ngecek filter karburatormu ya. Kalau di dalamnya banyak air, ya pantas aja motormu gak bisa nyala, saluran bensinnya akan tercampur dengan air dan akan menghambat pembakaran di sana.

4. Knalpot Kamu Sehat?

Knalpot sebagai sarana pembuangan gas juga wajib steril dari air. Biasanya kalau si pengendara tiba – tiba ngurangin gas saat di tengah banjir, si knalpot akan dengan otomatis menghisap air di sekitarnya. Lah, ini nih salah satu yang bikin motormu jadi mogok. Solusinya sih gampang. Standar tengah motormu, dan posisikan si ujung knalpot lebih rendah dari pangkalnya. Kalau perlu kamu gantung deh itu motor secara vertikal, hehe, bercanda kali. 

5. Panasin Motormu

Setelah penyebabnya ketemu, kamu panasin dulu tuh mesin motor kamu. Caranya, gunakan kick starter saat kontakmu dalam posisi off. Gunakan manual starter atau kick starter beberapa kali, dan nyalakan kontak motormu. Jika mesin motor telah dipicu selama beberapa kali, maka dengan sedikit sentuhan dari kick startermu motor akan menyala kembali. Horee!

6. Woles Bro, Tunggu Ampe Layak Jalan

Sayangnya walaupun udah nyala, bukan berarti motormu bisa langsung digunakan buat jalan lagi bro. Tunggu beberapa menit untuk memastikan motor kembali dalam suhu yang optimal untuk dikendarai. 

Cara mengetahui si motor udah siap untuk dikendarai yaitu biasanya di awal motor hidup, gasnya tidak akan terdengar stabil. Nah, ketika gasnya udah stabil, kamu bisa langsung tancap. Let’s gooo brader! Lanjutkan perjalananmu tanpa mogok lagi.

Label : Cari Aman Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More