wanda

Musim Hujan Tiba! Ini Dia Jas Hujan Paling Aman Untuk Sepeda Motor

Publikasi: 2 bulan 3 hari 7 jam 44 menit yang lalu

Di beberapa daerah musim hujan sudah mulai datang yang tentunya bagi seorang pengendara sepeda motor adalah musim yang harus dihadapi dengan ekstra hati – hati. Saat musim hujan pengendara sepeda motor dituntut lebih berhati – hati karena memang dari segi kondisi jalan akan lebih berbahaya terutama untuk pengendara sepeda motor. 

Salah satu hal wajib yang harus kita gunakan saat berkendara di kala hujan dengan menggunakan sepeda motor adalah Jas Hujan. Kostum ini adalah kostum wajib yang harus ada di jok sepeda motor kamu bro apalagi jika musim hujan tiba. 

Di kesempatan kali ini kita akan mencoba melihat beberapa jenis Jas Hujan untuk para pengendara sepeda motor dan juga mengetahui beberapa kelebihan dan juga kekurangannya. Di akhir artikel ini nantinya kamu akan mengetahui Jas Hujan manakah yang akan paling aman untuk anda gunakan. 

Walaupun begitu berkendara dengan menggunakan sepeda motor saat hujan memang tidak dianjurkan, apalagi saat hujan yang terjadi sangat deras. Selain pandangan yang terganggu, kita juga akan lebih sulit mengendarai sepeda motor pada saat hujan dimana keseimbangan kita juga tidak akan maksimal. 

Tapi langsung kita bahas saja beberapa jenis Jas Hujan yang sering digunakan dan manakah yang paling aman serta kelebihan dan juga kekurangan yang dimilikinya. 

Jenis – Jenis Jas Hujan Pada Umumnya

Sebenarnya ada beberapa jenis Jas Hujan yang umumnya digunakan oleh para pengendara sepeda motor dan dijual di pasaran. Beberapa jenis jas Hujan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing tentunya nanti kita juga akan membedahnya satu persatu. 

Jas Hujan Model Ponco

Panggilan Jas Hujan model Ponco ini sangat banyak sebenarnya dan dikenal dengan beberapa nama. Jas hujan model ini biasanya adalah jas hujan besar yang bisa digunakan untuk dua orang. Dengan menggunakan jas hujan model ini kamu bisa membagi jas hujan dengan orang yang membonceng kamu misalnya. 

Jas hujan model ponco ini mirip dengan konsep Barongsai dimana kepala hanya ada dan digunakan oleh orang yang mengendarai sepeda motor sedangkan orang yang ada dibelakang tidak akan mengetahui kondisi jalan. Namun beberapa produksi Jas Hujan Ponco ini juga sudah cukup berkembang dimana di bagian belakang juga diberikan ruang untuk kepala. 

Selain itu jas hujan ini juga bisa digunakan untuk melindungi barang – barang bawaan sehingga sangat pas untuk digunakan bagi orang yang memiliki barang bawaan cukup banyak. 

Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Jas Hujan model Ponco:

  • Bisa digunakan untuk dua orang bagi pengendara dan orang yang membonceng. 
  • Mampu menutupi area yang cukup luas. 
  • Cukup praktis tidak perlu menggunakan setelan lainnya.

Kekurangan dari Jas Hujan model Ponco:

  • Jika tidak digunakan bisa mengganggu kendaraan lain ataupun anda karena sangat mudah terkena angin, biasanya jika menggunakan jas hujan jenis ini umumnya diduduki agar tidak kemana – mana. 
  • Walaupun bisa digunakan oleh dua orang namun bagi orang yang di bonceng kurang efektif karena seringkali celana masih bisa basah. 
  • Karena memiliki permukaan yang cukup luas, akan sangat berbahaya jika digunakan bersamaan dengan angin yang keras. 

Jas Hujan Overcoat

Jas Hujan model Overcoat ini memang jarang untuk digunakan di masyarakat Indonesia namun mungkin kamu pernah melihatnya nih bro. Jadi jenis jas hujan model Overcoat ini adalah jas hujan yang memiliki panjang 3/4 menutupi sampai kea rah kaki namun tidak memiliki setelan celana. 

Biasanya jas hujan jenis ini digunakan oleh Polisi untuk mengamankan dan juga mengatur lalu lintas saat hujan tiba. Dengan jas hujan jenis ini Polisi lebih mudah untuk memakai dan melepas jas hujan karena tidak usah menggunakan celana. 

Jas Hujan jenis ini kurang efektif untuk digunakan berkendara saat hujan menggunakan sepeda motor, tapi sangat efektif untu digunakan berkegiatan luar rumah, seperti pak polisi tadi, ataupun para pekerja yang tetap harus bekerja di luar ruangan saat hujan. 

Kelebihan dari Jas Hujan Overcoat:

  • Sangat efektif dan efisien jika digunakan untuk melakukan kegiatan di luar kecuali berkendara dengan menggunakan sepeda motor ya?
  • Mudah dikenakan dan juga cepat untuk dilepas. 
  • Simpel dan juga sangat mudah untuk dibawa alias tidak ribet. 

Kekurangan dari Jas Hujan Overcoat:

  • Tidak efektif untuk berkendara dengan menggunakan sepeda motor terutama di bagian kaki karena akan menganggu dan juga bisa jadi malah celana tetap basah. 
  • Tidak cukup aman untuk digunakan sebagai pilihan jas hujan untuk para pengendara sepeda motor. 

Jas Hujan Training (Satu Stel)

Nah jas hujan terakhir adalah jas hujan traning. Disebut dengan jas hujan training karena Jas Hujan jenis ini memiliki satu set (celana dan juga baju) seperti halnya pakaian traninig. Jas hujan model ini sangat umum digunakan oleh para pengendara sepeda motor yang ada di Indonesia. Selain itu jas hujan model training ini juga merupakan salah satu jas hujan yang paling banyak digemari selain Jas Hujan model Ponco.

Kelebihan dari Jas Hujan Training:

  • Jas Hujan yang bisa dibilang paling aman dan paling nyaman digunakan. 
  • Sangat efektif untuk digunakan untuk menahan air hujan. 
  • Pas untuk digunakan oleh pengendara motor dan juga pas dengan kondisi badan pengendara, sehingga dapat berkendara dengan maksimal.

Kekurangan yang dimiliki oleh Jas Hujan model training:

  • Hanya bisa digunakan satu orang saja, jadi jika orang yang dibonceng tidak membawa jas hujan maka selesai sudah. 
  • Biasanya memiliki harga yang lebih mahal.
  • Membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih luas.

Label : Perawatan Motor Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha

Comment

User Comment

Your comment

Load More