Naik Motor Dekat Kendaraan Besar, Waspadai Hal-hal Ini

Publikasi: 9 hari 6 jam 57 menit yang lalu

Idealnya, sebaiknya kita tidak dekat-dekat kendaraan besar seperti truk ketika mengendarai motor. Namun ada saja momen ketika mau tidak mau harus ada di dekat kendaraan besar ini. Kalau sudah begini, Anda sebagai pengendara motor harus ekstra hati-hati.

Soalnya dari segi ukuran, motor sudah jelas-jelas kalah jauh dibanding truk. Ketika berada di dekat kendaraan-kendaraan berbodi superbesar, motor pun berisiko gampang oleng dan terjatuh. Oleh karena itu, ketahui tips aman berikut ini untuk mengendarai motor di dekat kendaraan berukuran raksasa.

Lakukan ini waktu naik motor di dekat kendaraan besar

Ada sejumlah hal yang tidak boleh luput dari ingatan Anda ketika mengendarai motor di dekat kendaraan besar seperti truk, bus, maupun kontainer, seperti berikut ini.

1. Waspadai blind spot

Kendaraan besar memiliki area buta atau blind spot yang cukup banyak. Alhasil, banyak kendaraan berukuran kecil, termasuk motor, yang akhirnya tidak terlihat oleh pengemudi truk, bus, maupun kontainer. Untuk memastikan Anda tidak berada di blind spot, cobalah tengok ke spion kendaraan besar. Jika bisa melihat wajah sang pengemudi, maka Anda ada di area aman. Namun tetap saja, sebisa mungkin menjauhlah dari kendaraan berukuran besar.

2. Hati-hati dengan tekanan angin

Ketika berada di sekitar kendaraan besar dalam kecepatan tinggi, berhati-hatilah dengan tekanan angin dari kendaraan tersebut. Anda bisa merasa seakan-akan ‘tertiup’ sampai motor terasa oleng, dan berisiko membuat terjatuh. Demi keamanan, mengalahlah dan berada jauh di belakang kendaraan tersebut.

3. Kendaraan besar tidak bisa berhenti mendadak

Lain halnya dengan sepeda motor yang bisa Anda hentikan secara mendadak ketika mengendarainya, tidak demikian dengan kendaraan besar seperti truk. Oleh karena itu, hindari berada di depan kendaraan tersebut. Sebab jika Anda ngerem mendadak, pengemudi di belakang ini tidak bisa mengurangi laju kendaraan secara tiba-tiba.

Setelah membaca hal-hal penting di atas, Anda diharapkan ekstra hati-hati ya, ketika naik motor di sekitar kendaraan berukuran besar. Kalaupun harus mendahului dari jalur kiri, bunyikan klakson atau nyalakan lampu beam, dan lakukanlah dengan cepat.

Referensi:

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/09/144100915/ini-bahayanya-naik-motor-terlalu-dekat-dengan-truk-atau-bus

https://www.otosia.com/berita/cara-mengemudi-aman-hadapi-truk-sepeda-motor-dan-sepeda.html

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Naik Motor Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More