Naik Motor Kopling Pas Tanjakan? Jangan Panik

Publikasi: 5 bulan 18 hari 21 jam 50 menit yang lalu

Mengendarai motor saat terjebak antrean atau kemacetan di tanjakan, tak jarang bikin panik. Terlebih bisa naik motor kopling. Namun, jangan keburu panik. Soalnya, ada beberapa cara aman yang bisa dilakukan agar Anda bisa melalui jalanan yang menanjak dengan lancar.

Tanpa mengetahui dan menguasai teknik tersebut, motor berisiko mogok. Tak hanya itu. Pada kondisi yang lebih serius, pengendara berpotensi mengalami kecelakaan karena tidak mengambil langkah yang tepat.

Tips lancar naik motor kopling di tanjakan

Selain menyangkut teknis mengendarai motor, perilaku berkendara di jalanan pun ikut berperan dalam keselamatan dan keamanan berkendara. Lantas, apa saja yang perlu dipahami agar tetap aman naik motor kopling saat berada di tanjakan?

1. Hindari gigi tinggi

Gunakan gigi rendah atau tidak lebih dari tiga. Sebab, persneling besar tidak mampu memberikan dorongan pada motor untuk melalui jalanan menanjak. Apabila motor Anda mengalami penurunan kecepatan, kurangi gigi segera. Pada tanjakan yang sangat curam, terkadang gigi dua pun belum mampu mengembalikan tenaga. Jadi, gantilah ke gigi satu.

2. Sesuaikan postur tubuh

Postur tubuh juga ternyata ikut berpengaruh dalam memberikan dorongan pada motor di tanjakan. Cobalah untuk sedikit mencondongkan tubuh ke depan. Dengan cara ini, roda depan motor mendapat beban tambahan. Jadi, kondisi ini mampu mengurangi kemungkinan ban depan kehilangan kekuatan cengkeraman aspal.

3. Jaga jarak aman

Selain menjadi aturan berkendara di jalan raya, menjaga jarak aman juga wajib hukumnya saat naik motor di jalan menanjak. Dengan adanya jarak aman, Anda jadi punya ruang gerak ketika kendaraan di depan tiba-tiba mundur karena kurangnya kontro.

4. Tidak menyalip kendaraan

Blindspot kendaraan di sekitar Anda ketika berada di tanjakan, berpotensi meningkat. Oleh karena itu, ada baiknya Anda tidak mendahului kendaraan-kendaraan di depan. Terlebih yang berukuran besar. 

Bagaimana jika terpaksa mendahului?

Tak dipungkiri, ada saja kondisi yang mengharuskan Anda untuk mendahului kendaraan di depan. Ketika terpaksa melakukannya, Anda harus:

• Memastikan kondisi di sekeliling aman

• Menyalakan lampu sen

• Menyalip dari kanan

• Membunyikan klakson

• Kembali ke jalur kiri setelah mendahului kendaraan di depan

Dengan menguasai teknik-teknik di atas, Anda tak perlu panik lagi ketika harus naik motor kopling di tanjakan.

Referensi:

https://tirto.id/tips-mengendarai-motor-kopling-saat-berada-di-jalan-tanjakan-eEij

https://hot.liputan6.com/read/4304221/7-cara-mengendarai-motor-kopling-di-tanjakan-penting-untuk-pemula

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Naik Motor Kopling Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More